Logo Mahakamdaily.com

Kukar Rehabilitasi DAS, 3 Juta Mangrove untuk Ekonomi Hijau

Asisten I Setdakab Kukar, Akhmad Taufik Hidayat saat menghadiri program rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS)

Foto : Asisten I Setdakab Kukar, Akhmad Taufik Hidayat saat menghadiri program rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS)

Mahakam Daily – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tak main-main dalam upaya pemulihan lingkungan. Lahan seluas 1.000 hektar di Desa Salo Sumbala, Kecamatan Muara Badak, disulap menjadi pusat rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) dengan penanaman tiga juta bibit mangrove.

Tak hanya itu, benih udang juga ditebar di kawasan ini, menandai dimulainya program silvofishery yang diharapkan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar.

“Ini adalah bentuk komitmen kami dalam menjaga lingkungan sekaligus meningkatkan kesejahteraan warga,” ujar Asisten I Setdakab Kukar, Akhmad Taufik Hidayat, Selasa (7/5/2024).

Ia menegaskan, program ini sejalan dengan arahan Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, yang mendorong seluruh pihak untuk terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan.

“Kami berharap, langkah ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain di Kukar,” ungkapnya.

Penanaman perdana mangrove dan penaburan benih udang ini menjadi langkah awal dari program rehabilitasi DAS yang ambisius. Pemkab Kukar optimis, upaya ini akan memberikan dampak positif bagi lingkungan dan ekonomi masyarakat dalam jangka panjang.

Adv/Diskominfo Kukar

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong