Gulir ke bawah untuk baca artikel

Tentang

Mahakam Daily adalah media online yang ingin mengusung gaya penulisan Jurnalisme Penceritaan, Mahakam Daily memiliki rubrik di antaranya, Arus, Kesah, Lamin, Potret, Lapak.

Sebagai info saja, Arus akan mengulas seputar kabar dari hulu hingga hilir masyarakat, otoritas, serta komunitas di semenanjung Sungai Mahakam. Kesah, seputar cerita suka ataupun duka masyarakat di semenanjung Sungai Mahakam. Lamin, seputar upaya masyarakat Sungai Mahakam bertahan hidup, berbagi gagasan, dan unjuk pengkaryaan. Potret, seputar makna yang tersirat dibalik gambar. Lapak, upaya mendukung pelaku usaha yang ada di semenanjung Sungai Mahakam.

Tentang Jurnalisme Penceritaan, mengutip penjelasan dari Wikipedia,

Jurnalisme penceritaan adalah sebuah gaya penulisan atau penyampaian informasi dengan gaya bercerita. Dalam dunia jurnalistik, para jurnalis memiliki tujuan lain terhadap audiensnya. Berbeda dengan jurnalisme biasa, jurnalisme penceritaan ingin menyentuh audiens hingga dititik emosi terdalam mereka. Jurnalisme penceritaan secara langsung menyatakan perasaan, suasana hati, hingga opini atau sebuah saran.

Gaya bercerita yang dimaksud adalah menulis atau memproduksi konten informasi dengan memperhatikan aspek media (ilustrasi foto atau gambar, video, animasi, grafik), perasaan hingga interaksi audiens. Penulisan dalam Jurnalisme penceritaan lebih bersifat naratif atau narasi. Jurnalis mengolaborasikan beberapa konsep. Jurnalis menulis menggunakan metode untuk penulisan novel. Di sisi lain, penulisan berita atau informasi digabungkan dengan gaya sastra. Konsep terakhir adalah jurnalis harus memperhatikan dan memenuhi kebutuhan publik dalam mengonsumsi sebuah cerita (mendengarkan atau menonton).

Jurnalisme penceritaan memiliki makna jurnalisme yang sama dengan konsep jurnalisme lainnya. Konsep yang berbeda hanya pada sisi penyampaian yang bercerita atau mendongeng. Gaya penulisan penceritaan merupakan untuk penyampaian informasi berupa dengan fakta atau ide hingga untuk meyakinkan penerimanya. Tidak menutup kemungkinan Jurnalisme penceritaan menggunakan konsep Jurnalisme Multimedia juga.

Multimedia dalam jurnalisme menjadi bentuk beragam cara untuk menyampaikan informasi. Dimana para jurnalis bisa memanfaatkan gambar, video, hingga animasi untuk bercerita. Menurut Mindy McAdams (2014), Jurnalisme penceritaan sudah berkembang seiring dengan para jurnalis yang bereksperimen dengan teknik dan alat digital yang baru.

Salam dari kota penyangga IKN, Samarinda

Mahakam Daily
merajut data dan cerita