Logo Mahakamdaily.com

Tahap Kedua Beasiswa Kukar Idaman, Pemkab Siapkan Rp5,1 Miliar

Foto : Bupati Kukar Edi Damansyah pada simbolisasi penyerahan beasiswa kukar idaman tahun 2022 lalu. (IST)

Mahakam Daily – Program Beasiswa Kutai Kartanegara (Kukar) Idaman kembali dibuka pendaftaran tahap kedua. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar telah menyiapkan pagu anggaran sebesar Rp5,1 miliar.

Tahap kedua ini berbeda dengan tahap pertama yang telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp20 miliar untuk beasiswa kerjasama.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

Menurut Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kabupaten Kukar, Dendy Irwan Fahriza, tahap kedua ini akan fokus pada beasiswa stimulan dan 1000 guru sarjana.

“Beasiswa stimulan diberikan kepada mahasiswa S1 yang memiliki prestasi akademik atau non-akademik, atau yang berasal dari keluarga yatim piatu pra sejahtera. Sedangkan 1000 guru sarjana adalah program untuk meningkatkan kualifikasi pendidik di Kukar,” jelas Dendy pada Kamis (5/10/2023).

Pemkab Kukar akan mensosialisasikan secara intensif kepada calon penerima. Agenda tersebut berlangsung mulai dari tanggal 9 hingga 19 Oktober di berbagai perguruan tinggi di Kalimantan Timur dan 20 kecamatan di Kukar.

“Kami juga akan memberikan dukungan penuh kepada semua pendaftar yang memenuhi syarat. Kami menyediakan template dan format formulir pendaftaran yang mudah diisi. Jika ada masalah, mereka dapat menghubungi ruang pelayanan kami,” ujar Dendy.

Persyaratan pendaftaran program ini antara lain adalah memiliki IPK minimal 2,5 untuk 1000 guru sarjana dan 3,0 untuk mahasiswa S1, usia tidak lebih dari 50 tahun, dan semester tidak lebih dari 8.

Program Beasiswa Kukar Idaman merupakan salah satu inisiatif dari Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah dan Rendi Solihin, untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berakhlak mulia, unggul, dan berbudaya.

“Tahap pertama, dicairkan akhir Oktober bersama dengan SK Bupati,” kata Dendy.

“Tahap kedua, dicairkan pada minggu kedua Desember dan langsung disalurkan ke rekening penerima,” tutupnya.

[Adv]

Space Reklame