Logo Mahakamdaily.com

Pembangunan Pabrik Pengolahan Rumput Laut Dukung Sektor Pertanian Kukar

Mahakam Daily – Dengan merencanakan pembangunan pabrik pengolahan rumput laut terbaru menjadi kabar menggembirakan bagi para petani di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Pemerintah setempat saat ini tengah mewujudkan langkah besar tersebut, dalam mendukung sektor pertanian lokal.

Proyek besar ini dibiayai sebesar Rp 22 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dengan tujuan utama meningkatkan produksi pertanian dan menciptakan peluang ekonomi yang baik bagi masyarakat Kukar.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

Pabrik ini tidak sekadar tempat biasa untuk mengolah rumput laut, akan tetepi ini adalah inovasi yang menggabungkan teknologi terkini dalam proses pengolahan.

“Dengan penggunaan peralatan terbaru, pabrik ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas hasil olahan rumput laut, tetapi juga akan membuka peluang baru bagi para petani untuk menciptakan produk bernilai tambah.” papar Arfan Boma Selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar.

Dia juga menjelaskan bahwa, selain produksi, pabrik ini juga akan memberikan perhatian khusus pada pelatihan dan peningkatan keterampilan petani lokal.

“Kami akan melaksanakan program pelatihan yang dirancang khusus untuk membantu petani lokal mengoptimalkan hasil pertanian mereka,” jelasnya.

Proses pengadaan mesin dan peralatan pabrik direncanakan akan dimulai pada awal tahun 2024. Saat pabrik beroperasi, diharapkan akan menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi di tingkat lokal.

Harapannya, pabrik ini juga akan memperkuat ketahanan pangan lokal dan menjadi faktor peningkatan kesejahteraan ekonomi bagi petani di wilayah Muara Badak.

(Adv/Diskominfo Kukar)

Space Reklame