Logo Mahakamdaily.com

Edi dan Rendi Berkomitmen Mendukung Festival Pesisir 2023 Acara Kreatif yang Digerakkan oleh Pemuda

Tirtonegoro Art Festival berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, untuk mengadakan acara yang istimewa, tak seperti yang lain. Acara mendatang ini diberi tajuk Festival Pesisir 2023 dan akan digelar di Pantai Panrita Lopi, Kecamatan Muara Badak, mulai tanggal 13 hingga 15 Oktober 2023.ist

Foto : Tirtonegoro Art Festival berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, untuk mengadakan acara yang istimewa, tak seperti yang lain. Acara mendatang ini diberi tajuk Festival Pesisir 2023 dan akan digelar di Pantai Panrita Lopi, Kecamatan Muara Badak, mulai tanggal 13 hingga 15 Oktober 2023.ist

Mahakam Daily – Acara dengan bertaraf nasional kembali hadir di Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim).

Tirtonegoro Art Festival berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, untuk mengadakan acara yang istimewa, tak seperti yang lain.

Acara mendatang ini diberi tajuk Festival Pesisir 2023 dan akan digelar di Pantai Panrita Lopi, Kecamatan Muara Badak, mulai tanggal 13 hingga 15 Oktober.

Festival Pesisir 2023 menawarkan beragam kegiatan, seperti Lomba Tari Pesisir, Pertunjukan Seni dan Budaya, Pembacaan Puisi, Kejuaraan Domino, Lukisan Kanvas, dan Jalan Santai di Pantai.

Tidak hanya itu, ada juga permainan tradisional, pemutaran film, pameran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), kopi pesisir, Talkshow Pemuda Pesisir, parade musik, duta pesisir, seni outbond pesisir, demonstrasi masak, lomba lari, voli pantai, kegiatan pemuda inovatif, dan sepak bola pantai yang menjadi bagian dari rangkaian acara.

Hal-hal yang berkaitan dengan pesisir akan banyak didapatkan pada event ini.

Peserta dapat mengharapkan wawasan dari Komunitas Anak Nelayan tentang cara membuat alat tradisional “Rakang” untuk menangkap kepiting, tutorial mencabut tulang ikan Bandeng, cara mengenali kesegaran ikan, dan seni menangkap ikan “Ijar Pesisir”.

“Ya, Festival Pesisir ini kegiatan untuk memberikan edukasi tentang pariwisata, serta edukasi seni dan budaya di Kaltim,” ujar Rahmat Azazi, penyelenggara Festival Pesisir 2023.

Dia juga menjelaskan bahwa selain melibatkan berbagai komunitas di berbagai kecamatan di Kukar, mereka juga melibatkan peserta dari seluruh wilayah Kalimantan Timur.

“Tentunya, kami juga melibatkan penduduk lokal,” tambahnya.

Tahun ini, mereka memilih untuk berkolaborasi khususnya dengan Pemerintah Kabupaten Kukar, yang dikenal aktif mendukung inisiatif yang digerakkan oleh pemuda.

Di tahun-tahun sebelumnya, acara ini sering berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Selain berkolaborasi dengan Pemkab Kukar, kami juga bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pengelola Pantai Panrita Lopi yang telah menyediakan tempat,” katanya.

Secara terpisah, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, dengan hangat menyambut inisiatif Tirtonegoro Art Festival yang digerakkan oleh pemuda, yang akan melibatkan pelaku usaha kreatif dan UMKM.

“Ini mencerminkan komitmen pemerintah untuk mendukung aktivitas positif yang diadakan oleh pemuda-pemuda Kukar,” tegas Rendi.

Rendi juga mengundang warga Kukar dan sekitarnya untuk bergabung dan meramaikan Festival Pesisir 2023.

Rendi Solihin dijadwalkan akan hadir dan secara resmi membuka Festival Pesisir 2023.

“Kapan lagi kita bisa menikmati parade musik, pertunjukan seni, dan liburan pantai dalam satu tempat? Itulah mengapa saya mendorong semua orang untuk bergabung dan menjadikan acara ini sukses dan penuh semangat,” tutupnya.

[adv]

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong