Logo Mahakamdaily.com

Normalisasi Anak Sungai Mahakam di Loa Ipuh Dimulai Oktober, Ini Persiapannya

Persiapan Normalisasi anak sungai Mahakam di Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Mahakam Daily). (Ist)

Foto : Persiapan Normalisasi anak sungai Mahakam di Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Mahakam Daily). (Ist)

Mahakam Daily – Kelurahan Loa Ipuh bersiap untuk melakukan normalisasi anak Sungai Mahakam yang bertujuan untuk mencegah banjir dan menjaga ketersediaan air di daerah tersebut. Normalisasi ini akan dilakukan mulai Oktober mendatang dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan Kodim 0906/Kukar.

Lurah Loa Ipuh, Erri Suparjan, mengatakan bahwa persiapan normalisasi sudah masuk tahap akhir dan tim siap bertindak. Kerja sama ini juga sudah disampaikan kepada berbagai pihak terkait, seperti Bupati Kukar, Edi Damansyah, dan Forkopimda Kukar. Selain itu, masyarakat juga sudah diberitahu melalui media sosial.

“Kami sudah menyiapkan segala sesuatunya, mulai dari panggung, audio, hingga koordinasi dengan pihak keamanan yang sudah terjalin baik,” kata Erri.

Normalisasi anak Sungai Mahakam di Loa Ipuh merupakan kewenangan dari Badan Wilayah Sungai (BWS). Oleh karena itu, Kelurahan sudah mengajukan permintaan kepada BWS untuk melaksanakan normalisasi ini.

Sambil menanti normalisasi resmi, Kelurahan Loa Ipuh bersama Pokmaswas sudah rutin membersihkan anak Sungai Mahakam. Kegiatan ini sudah berlangsung selama enam bulan terakhir dan dijadwalkan akan dilakukan 1-2 kali per bulan.

“Kami tidak akan berhenti membersihkan sungai dengan gotong royong bersama Pokmaswas setiap bulannya. Tetapi untuk normalisasi, kami menyerahkan sepenuhnya kepada BWS Kaltim,” ujar Erri.

Diharapkan dengan adanya normalisasi ini, fungsi anak Sungai Mahakam di Loa Ipuh bisa segera pulih, yang akan bermanfaat bagi masyarakat dan mendukung kelestarian ekosistem sungai yang vital.

[Adv]

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong