Logo Mahakamdaily.com

Wabup Kukar Rendi Solihin Sebut Anggaran Pertanian Naik

Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin kunjungi petani Desa Panca Jaya, Muara Kaman (Ist)

Foto : Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin kunjungi petani Desa Panca Jaya, Muara Kaman (Ist)

Mahakam Daily – Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin, kembali melakukan kunjungan lapangan melihat langsung kondisi para petani di Desa Panca Jaya, Kecamatan Muara Kaman, pada Senin (2/10/2023).

Selama kunjungan tersebut, Wabup Rendi banyak berinteraksi dengan masyarakat, serta menyalurkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

Sunanto salah satu petani mengungkapkan bahwa, bantuan yang diberikan sangat mendukung aktivitas para petani, dan mengapresiasi kemudahan dalam proses penerimaan bantuan tersebut.

“Biasanya kita harus melalui banyak prosedur, tapi kali ini sangat mudah dan bantuannya bisa segera dimanfaatkan para petani,” katanya.

Wabup Kukar, Rendi Solihin menerangkan bahwa, ada perhatian lebih yang diberikan pemerintah kepada petani. Salah satunya mengenai anggaran yang tahun ini untuk pertanian mencapai Rp800 miliar hingga Rp1 triliun.

“Sebab ada beberapa kecamatan yang telah ditetapkan sebagai lokus pertanian. Jadi, anggaran pertanian tidak seperti biasa lagi, jika tahun-tahun sebelumnya setahun hanya berkisar Rp300 – 400 Miliar, kini naik,” tuturnya.

Anggaran tersebut akan digunakan untuk tiga tujuan utama, termasuk pembangunan infrastruktur seperti jalan usaha tani dan embung, pemberian berbagai jenis pupuk termasuk pupuk organik dan NPK, serta modernisasi alat pertanian.

“Modernisasi alat pertanian sangat penting bagi masyarakat, terutama bagi petani yang sudah sepuh di beberapa kecamatan,” tambahnya.

Bantuan ini akan dimanfaatkan secara efektif oleh para petani, dengan tujuan mendukung program pemerintah dalam menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan di Kaltim, serta daerah penopang Ibu Kota Nusantara (IKN).

[adv]

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong