Logo Mahakamdaily.com

Kecamatan Anggana Lakukan Pemugaran Makam Habib Tunggang Parangan

Foto : Wisata Religi dan Sejarah di Kutai Lama, Makam Habib Tunggang Parangan Akan Dapatkan Pemugaran. (ist)

Mahakam Daily – Makam Habib Hasyim bin Yahya atau Habib Tunggang Parangan di Desa Kutai Lama, Kecamatan Anggana, Kalimantan Timur, akan mendapatkan pemugaran dari pemerintah dan pihak swasta.

Makam ini merupakan tempat ziarah yang banyak dikunjungi oleh para peziarah, karena Habib Tunggang Parangan adalah salah satu tokoh penyebar Islam di Kerajaan Kutai pada masa pemerintahan Raja Aji Mahkota. Pemugaran makam ini akan menghabiskan anggaran sekitar Rp 1 miliar.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

Camat Anggana, Rendra Abadi, mengatakan bahwa pemugaran makam ini merupakan bagian dari upaya untuk menjadikan Desa Kutai Lama sebagai wisata yang menarik. Selain wisata religi, desa ini juga memiliki potensi wisata sejarah dan budaya. Di desa ini, pengunjung dapat melihat bekas istana Kerajaan Kutai dan rumah adat Dayak.

“Kutai Lama itu komplit karena 3 item (wisata religi, sejarah, dan budaya) ada semua,” ucapnya, Selasa (24/10/2023).

Pemugaran makam ini tidak hanya meliputi perbaikan makam itu sendiri, tetapi juga fasilitas pendukung di sekitarnya, seperti tempat parkir, taman, dan masjid. Tujuannya adalah untuk memberikan kenyamanan dan ketertarikan bagi para peziarah yang datang dari berbagai daerah untuk mengenal lebih jauh sejarah dan budaya Kutai Lama.

“Setiap bulannya tidak sepi dari penziarah dari berbagai daerah, baik itu pagi, siang hingga malam hari. Diprediksi dalam setahun ribuan orang yang datang. Pada hari-hari besar Islam itu pasti ramai, puncaknya waktu haul,” jelasnya.

[adv]

Space Reklame