Logo Mahakamdaily.com

Festival Balap Perahu Ketinting Pelestarian Tradisi Transportasi Khas Desa Saliki

Festival balap perahu ketinting di desa Saliki (ilustrasi). (IST)

Foto : Festival balap perahu ketinting di desa Saliki (ilustrasi). (IST)

Mahakam Daily – Desa Saliki, Kecamatan Muara Badak, akan menjadi lokasi penyelenggaraan Festival Balap Perahu Ketinting ke-3 pada 7-8 Oktober 2023.

Festival Balap Perahu Ketinting merupakan upaya Pemerintah Desa (Pemdes) Saliki untuk memastikan pelestarian tradisi transportasi ketinting yang khas di desa tersebut.

Peserta festival berasal dari berbagai desa yang siap bertanding untuk meraih juara dan hadiah berupa mesin ketinting dan uang pembinaan jutaan rupiah.

Kepala Desa Saliki, Saliansyah, mengatakan bahwa festival ini juga dimaksudkan untuk mengangkat perekonomian masyarakat, khususnya UMKM, yang bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menarik pengunjung.

“Desa Saliki yang berada di ujung kecamatan Muara Badak memiliki potensi dan daya tarik wisata yang besar. Kami ingin memperkenalkannya kepada masyarakat luas,” kata Saliansyah pada Kamis (5/10/2023).

Saliansyah juga menyampaikan bahwa Pemerintah Desa Saliki mendukung penuh festival ini dan mengajak semua elemen masyarakat, baik perusahaan, tokoh masyarakat, maupun pengusaha, untuk berpartisipasi dalam mensukseskan festival ini.

“Kami berkomitmen untuk melestarikan tradisi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

[Adv]

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong