Logo Mahakamdaily.com

DPU Kukar Garap Proyek Jalan Salah Satunya untuk Mendorong Pertanian

Restu Irawan, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Kabupaten Kutai Kartanegara. (Mahakam Daily). (Ist)

Foto : Restu Irawan, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Kabupaten Kutai Kartanegara. (Mahakam Daily). (Ist)

Mahakam Daily – Sebuah proyek besar sedang berlangsung di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) untuk meningkatkan jalan sepanjang 32,55 kilometer. Proyek ini diharapkan dapat selesai pada akhir tahun 2023 dan mendukung sektor pertanian dan pariwisata di wilayah tersebut.

Delapan ruas jalan yang menjadi sasaran proyek ini berada di dalam dan di luar kawasan pertanian. Proyek ini merupakan kerja sama antara Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kukar dan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar.

Restu Irawan, Kabid Bina Marga DPU Kukar, mengatakan bahwa proyek ini menggunakan anggaran sebesar Rp 23,1 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023.

Restu menambahkan bahwa proyek ini juga bertujuan untuk mendukung pengembangan tematik di kawasan pertanian, sesuai dengan visi pemerintah kabupaten untuk menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan utama bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kita fokus di Tenggarong Seberang, karena di sana banyak jalan yang dibutuhkan masyarakat untuk aktivitas pertanian. Selain itu, kita juga memperhatikan fungsi jalan untuk mendukung pariwisata, seperti di Desa Manunggal Daya, Desa Sukamaju, dan Desa Bhuana Jaya,” ujar Restu.

Beberapa contoh jalan yang sedang ditingkatkan adalah Jalan Taman Arum menuju Desa Sepakat, Desa Bukit Pariaman, Desa Bukit Raya, Desa Ponoragan, dan Desa Panca Jaya.

[Adv]

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong