Logo Mahakamdaily.com

Disperindag Kukar Ajak IKM dan UMKM Gabung dan Manfaatkan E-katalog

Foto : UMKM di Stadion Bondong Demang, Tenggarong, Kutai Kartanegara (Mahakam Daily). (Ist)

Mahakam Daily – E-katalog adalah platform belanja online yang sudah banyak dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) untuk memenuhi kebutuhan barang-barangnya.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar mengajak para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah ini untuk ikut bergabung dalam E-katalog agar produk-produk lokal mereka bisa lebih mudah dipasarkan.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

Sekretaris Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mengatakan bahwa E-katalog sangat penting untuk meningkatkan omzet penjualan produk lokal.

Ia menyebutkan bahwa ada 58 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), termasuk Kecamatan, yang rutin membutuhkan berbagai macam barang. Jika pelaku IKM dan UMKM bisa masuk dalam E-katalog, maka mereka akan memiliki peluang lebih besar untuk menjual produk mereka kepada OPD-OPD tersebut.

Selain itu, ia juga berencana untuk mengeluarkan Surat Edaran yang akan mewajibkan OPD-OPD untuk menggunakan produk UMKM dalam setiap kegiatan mereka.

“Kami ingin para pelaku IKM dan UMKM di Kukar bisa bersaing dengan produk-produk dari luar daerah. Oleh karena itu, kami mendorong mereka untuk tidak hanya memanfaatkan E-katalog, tetapi juga melengkapi sertifikat-sertifikat yang diperlukan untuk mengembangkan usaha mereka,” ujar Sayid Fathullah.

Ia menambahkan bahwa saat ini ada sekitar 80 ribu pelaku IKM dan UMKM di Kukar pada tahun 2023, dan pemerintah daerah sudah memberikan berbagai fasilitas dan bantuan untuk mendukung sektor ini. Ia berharap ada sinergi antara semua pihak untuk mendukung para pelaku IKM dan UMKM agar bisa meningkatkan perekonomian lokal dan kesejahteraan mereka.

“Kami berharap para pelaku IKM dan UMKM di Kukar tetap kreatif, terus berkembang, dan memaksimalkan fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh pemerintah daerah untuk mengembangkan usaha mereka,” tuturnya.

Dengan adanya inisiatif dari Disperindag Kukar ini, pelaku IKM dan UMKM diharapkan bisa meraih kesuksesan dalam bisnis online. Dengan E-katalog, produk-produk lokal diharapkan bisa lebih dikenal dan diminati oleh masyarakat, sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah.

[Adv]

Space Reklame