Logo Mahakamdaily.com

Waspada! Akun WhatsApp Palsu Kadis PU Kukar Beredar

Waspada! Akun WhatsApp Palsu Kepala Dinas PU Kukar Beredar, Ini Imbauan Resminya.

Foto : Waspada! Akun WhatsApp Palsu Kepala Dinas PU Kukar Beredar, Ini Imbauan Resminya.

Mahakam Daily – Masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) diminta untuk berhati-hati terhadap penipuan yang menggunakan akun WhatsApp palsu yang mengatasnamakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar, Wiyono.

Akun WhatsApp palsu tersebut menggunakan foto Wiyono sebagai foto profilnya dan menghubungi sejumlah warga dengan berbagai modus, seperti menawarkan dana hibah, tender proyek, atau bantuan lainnya dengan syarat mengirimkan sejumlah uang.

Banner Diskominfo Kukar 2024

Hal ini tentu saja merupakan penipuan yang dapat merugikan masyarakat, karena sesuai dengan pasal 28 Ayat (1) UU ITE, setiap orang yang menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang merugikan konsumen dalam transaksi elektronik dapat diancam pidana penjara paling lama 6 tahun dan/atau denda paling banyak Rp1 Miliar.

Untuk menghindari hal ini, Dinas PU Kukar bersama Dinas Kominfo dan Prokom Kukar mengeluarkan imbauan resmi kepada masyarakat agar tidak mudah tergiur dengan tawaran-tawaran yang tidak masuk akal dari akun-akun yang tidak dikenal.

“Hati-hati penipuan. Kepada masayarakat Mohon tidak direspon. Segera laporkan kepada pihak yang berwajib atau menghubungi Dinas PU untuk menglarifikasi kebenarannya,” ucap Wiyono, Selasa (24/10/2023).

Masyarakat juga diharapkan untuk selalu kritis dan teliti dalam menerima informasi dari akun-akun yang mengatasnamakan pejabat daerah, baik melalui media sosial, pesan singkat, maupun telepon.

Jika ada yang merasa menjadi korban penipuan, segera laporkan ke pihak berwenang agar pelaku dapat ditindak dan dihukum sesuai dengan hukum yang berlaku.

[adv]

Mahakam Daily – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Rapat