Logo Mahakamdaily.com

Wabup Kukar Cicipi Pepaya California

Foto : Wabup Kukar Cicipi Pepaya California di Kebun Mitra SKK Migas danĀ EniĀ MuaraĀ Bakau. (Ist)

Makaham DailySalah satu program kerja Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) adalah mengembangkan sektor pertanian. Untuk itu, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, melakukan kunjungan kerja ke beberapa lokasi perkebunan di Kecamatan Samboja, pada Rabu (8/11/2023).

Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah kebun pepaya California milik Kelompok Tani (Poktan) Terpadu Berkat Al-Arsyadi, yang merupakan mitra dari SKK Migas dan Eni Muara Bakau.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

Di sana, Rendi Solihin berkesempatan mencicipi langsung buah pepaya California yang dipanen dari kebun tersebut. Ia mengaku kagum dengan kualitas dan rasa buah pepaya yang dihasilkan oleh Poktan Berkat Al-Arsyadi.

ā€œIni buahnya manis dan segar. Saya kira ini impor, ternyata lokal. Ini sangat bagus untuk meningkatkan kesejahteraan petani kita,ā€ ujar Rendi Solihin.

Selain pepaya California, Poktan Berkat Al-Arsyadi juga menanam semangka, melon, kopi, dan budidaya ikan. Menurut pembina Poktan, Saifudin Marzuki, tujuan dari pengembangan pertanian ini adalah untuk kemandirian pangan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Arsyadi dan untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

ā€œSetiap 4 hari sekali, kami bisa menghasilkan 1,5 ton pepaya California yang siap jual. Pembelinya langsung datang ke sini untuk mengambilnya,ā€ kata Saifudin Marzuki.

Rendi Solihin mengapresiasi kerjasama antara Poktan Berkat Al-Arsyadi dengan SKK Migas dan Eni Muara Bakau. Ia berharap, kerjasama ini bisa menjadi contoh bagi Poktan lainnya di Kukar.

Ia juga berjanji akan membantu pengembangan pertanian di Kukar, salah satunya dengan peningkatan akses jalan.

ā€œNanti akan kita usulkan untuk peningkatan jalannya, agar lebih mudah untuk transportasi hasil pertanian,ā€ tutur Rendi Solihin.

[adv]

Space Reklame