Logo Mahakamdaily.com

Samboja Punya Hasil Ikan dan Rumput Laut Terbesar di Kukar

Foto : Samboja, Kecamatan Pesisir dengan Hasil Ikan dan Rumput Laut Terbesar di Kukar (ilustrasi)

Mahakam DailySamboja adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang memiliki hasil ikan dan rumput laut terbesar. Sebagian besar wilayah Samboja adalah daerah pesisir yang langsung berhadapan dengan laut. Hal ini menjadikan Samboja sebagai kecamatan penghasil ikan dan rumput laut terbesar di Kukar.

Data Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar tahun 2021 menunjukkan, Samboja menyumbang 26 persen dari total produksi ikan laut Kukar dengan jumlah 11.475 ton. Selain itu, Samboja juga menyumbang 49 persen dari total produksi rumput laut Kukar dengan jumlah 903 ton.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

Camat Samboja, Damsik mengatakan, sektor ikan dan rumput laut menjadi andalan utama perekonomian masyarakat di Kecamatan Samboja. Ia menegaskan, hampir semua kelurahan dan desa di wilayahnya berlokasi di bibir pantai. Mulai dari Kelurahan Tanjung, Kelurahan Kuala, Pamedas, hingga Muara Sembilang yang merupakan wilayah pesisir.

“Mulai dari Kelurahan Tanjung, Kelurahan Kuala, Pamedas, sampai ke Muara sembilang itu semua di bibir pantai dan penghasil ikan yang terbesar di daerah-daerah itu, termasuk juga pembudidayaan rumput laut,” paparnya, Senin  (30/10/2023).

Selain di pesisir, Samboja juga memiliki potensi ikan di sejumlah waduk atau danau. Salah satunya adalah Waduk Karya Jaya yang terletak di Desa Karya Jaya. Waduk ini dimanfaatkan untuk ikan dan pertanian warga.

Namun, Damsik mengaku, ada ancaman kerusakan yang mengancam waduk tersebut akibat aktivitas penambangan liar. Ia mengharapkan seluruh elemen masyarakat dapat bahu membahu menjaga waduk dari ancaman kerusakan.

“Saya sudah menginstruksikan kades dan warga-warga di situ, jika ada penambang-penambang maka tolong sampaikan ke saya secepatnya,” tutupnya.

[adv]

Space Reklame