Logo Mahakamdaily.com

Salehuddin Dorong Pemerintah Maksimalkan Preventif untuk Pengidap Kejiwaan

Mahakam Daily – Beberapa waktu lalu, momentum Hari kesehatan mental sedunia baru saja diperingati, namun saat ini prevalensi pengidap penyakit jiwa kian meningkat.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Kaltim, Salehuddin, mendorong masyarakat bersama pemerintah untuk bergerak mendongkrak berbagai macam implikasi faktor gangguan kejiwaan.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

Dirinya juga mengimbau Dinas Kesehatan Kaltim dan jajaran di Dinas Kesehatan Kabupaten Kota agar terus mendata secara akurat terkait prevalensi meningkatnya gangguan kejiwaan bagi masyarakat di Kaltim.

Banner DPRD Kaltim

“Ke depan upaya preventif terhadap kesehatan jiwa itu betul betul di maksimalkan, termasuk bagaimana pendidikan kesehatan, agar masyarakat tidak gampang jatuh dalam posisi depresi,” ucapnya, Selasa (24/10/3023).

Politisi fraksi Golkar itu juga menyebut, jika pelayanan kesehatan dimasing-masing tingkatan misalnya puskesmas dan Rumah Sakit harus bisa memberikan penguatan dan memainkan perannya terhadap gangguan kesehatan jiwa ini.

Menurutnya, Dinkes harus memiliki instrumen untuk kesehatan jiwa. Termasuk pendidikan kesehatan, pemberian informasi terkait kategori gangguan kejiwaan, hingga pemaksimalan aktivasi terhadap puskesmas, rumah sakit, serta komunitas.

“Kasus bullying yang meningkat itu juga bagian dari proses gangguan kejiwaan pada pertumbuhan perkembangan anak-anak di sekolah yang belum maksimal,” jelasnya.

Lanjutnya, itu kemudian menjadi catatan penting bagi kalangan siswa agar menghindari gangguan kejiwaan dengan membendung informasi yang salah dan keterlibatan pengawasan orang tua

“Kita dorong kepada pemerintah provinsi, termasuk Dinkes bagaimana memaksimalkan pelayanan kesehatan jiwa di rumah sakit jiwa. Bukan hanya upaya kuratif tetapi juga preventif,” pungkasnya.

[adv]

Space Reklame