Logo Mahakamdaily.com

Target Semenisasi Jalan Poros Kahala-Tabang Rampung Tahun Ini

Kepala Bina Marga Dinas PU Kukar, Restu Irawan. (ist)

Foto : Kepala Bina Marga Dinas PU Kukar, Restu Irawan. (ist)

Mahakam DailyTerus tunjukkan tekadnya dalam meningkatkan infrastruktur konektivitas di wilayah hulu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim). Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar akan menyelesaikan proyek semenisasi jalan poros Kahala-Tabang sepanjang 7,6 kilometer, pada penghujung tahun 2023.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PU Kukar Restu Irawan menyampaikan, pengerjaan ini melanjutkan dari perbaikan yang telah dilakukan Dinas PU Kukar tahun 2022 lalu dengan alokasi anggaran Rp 35,5 Miliar. Di tahun 2023 ini, Dinas PU Kukar menggelontorkan Rp 49 Miliar untuk perbaikan jalur transportasi masyarakat hulu tersebut.

“Jadi Rp 32 Miliar untuk pengaspalan jalan sepanjang kurang lebih 6 kilometer. Dan Rp 2,3 miliar diperuntukkan untuk penurapan jalan dan semenisasi jalan sekitar 200 meter untuk tahun lalu,” kata Restu, belum lama ini.

Restu Menjelaskan, pengerjaan ruas jalan tahun ini akan dilakukan di dua titik berbeda yaitu, di ruas jalan Desa Kahala dan Sebelimbingan. Tepatnya 5,6 kilometer di ruas Kahala dan 2 kilometer di Sebelimbingan. Dan anggaran Rp 49 Miliar tersebut dibagi menjadi Rp 17 Miliar untuk ruas jalan Sebelimbingan dan Rp 32 Miliar untuk Kahala.

Hal ini juga bagian dari pemantapan infrastruktur konektivitas antar wilayah telah menjadi fokus Pemkab Kukar dibawah kepemimpinan Bupati Edi Damansyah dan Rendi Solihin sejak awal dilantik di tahun 2021.

Bahkan, sudah beberapa ruas jalan kabupaten telah ditingkatkan dan terus dimantapkan. Seperti jalan poros kecamatan Kenohan dan Tabang. Yang menjadi jalur sentral karena menghubungkan tiga kecamatan hulu.

“Masih ada pengerjaan jalan poros Kenohan-Kembang Janggut sepanjang 8 kilometer, dilanjutkan tahun depan. Jadi 2 kilometer di ruas Kahala dan 6 kilometer di ruas Sebelimbingan. Insya Allah akan kita kerjakan pada tahun depan,” tukasnya.

[adv]

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong