Logo Mahakamdaily.com

Pabrik Rumput Laut Segera Beroperasi, Camat Muara Badak Harap Berdampak untuk Petani

Pabrik Pengolahan Rumput Laut di Muara Badak Siap Beroperasi, Ini Harapan Camat dan Petani. (Ilustrasi)

Foto : Pabrik Pengolahan Rumput Laut di Muara Badak Siap Beroperasi, Ini Harapan Camat dan Petani. (Ilustrasi)

Mahakam Daily – Pabrik pengolahan rumput laut di Desa Muara Badak Ulu, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) siap beroperasi. Pabrik ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani rumput laut di wilayah tersebut.

Pabrik ini dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Kukar sebagai bagian dari program hilirisasi pertanian. Program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi perikanan di wilayah Kukar, khususnya rumput laut. Dengan adanya pabrik ini, petani rumput laut dapat mengolah hasil panen mereka menjadi produk yang lebih bermutu dan bernilai.

Camat Muara Badak, Arfan, mengatakan bahwa pabrik ini merupakan jawaban dari keinginan para petani yang telah lama menantikan adanya fasilitas pengolahan yang memadai. Ia mengapresiasi langkah Pemkab Kukar yang telah memperhatikan potensi perikanan di wilayahnya.

“Kami bersyukur sekali potensi perikanan ini nanti bisa dimaksimalkan untuk industri hilirnya lewat pembangunan pabrik rumput laut ini,” ujar Arfan, Minggu (22/10/2023).

Arfan berharap pabrik ini dapat segera beroperasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat dan petani di Desa Muara Badak Ulu. Ia juga berharap pabrik ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain yang memiliki potensi perikanan yang sama.

Sementara itu, Ketua Pokdakan Salok Sumbala Sejahtera Muara Badak, Ramlan, mengungkapkan bahwa petani rumput laut di Muara Badak sangat antusias dengan adanya pabrik ini.

Ia mengatakan bahwa terdapat 70 kelompok petani budidaya rumput laut yang beroperasi di Muara Badak, dengan total lahan budidaya rumput laut mencapai sekitar 4 ribu hektare.

“Harapan kita mudah-mudahan secepatnya pabrik ini berjalan sehingga petani rumput laut bisa lebih sejahtera,” pungkasnya.

[adv]

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong