Logo Mahakamdaily.com

Muara Kaman Siap Gelar Upacara Hari Pahlawan 2023

Foto : Muara Kaman Siap Gelar Upacara Hari Pahlawan, Ini Persiapannya. (Ilutrasi)

Mahakam Daily – Upacara peringatan Hari Pahlawan yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 November nanti akan berlangsung di Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartaanegara. Kecamatan ini dipilih sebagai lokasi upacara karena memiliki latar belakang sejarah yang erat dengan perjuangan kemerdekaan.

Salah satu alasan yang mendasari pemilihan Muara Kaman sebagai lokasi upacara adalah adanya pahlawan nasional yang berasal dari kecamatan tersebut, yaitu Muso bin Salim.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

“Karena di Muara Kaman, terdapat pahlawan Muso bin Salim, dan kami telah melaksanakan upacara peringatan hari pahlawan selama beberapa tahun,” kata Camat Muara Kaman, Berliang, Senin (23/10/2023).

Ia menjelaskan bahwa upacara peringatan Hari Pahlawan ini bukan merupakan hal yang baru di Muara Kaman. Upacara tersebut telah digelar secara rutin setiap tahun sejak 2021 dan 2022.

Untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, pemerintah kecamatan telah membentuk sebuah tim panitia yang terdiri dari berbagai pihak. Tim panitia tersebut bertugas untuk menangani segala hal yang berkaitan dengan upacara, mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga evaluasi.

“Jadi sudah ada pembentukan panitia dan sudah dilakukan beberapa kali rapat. Nanti akan ada rapat lagi di kabupaten bersama Dinsos,” tutur Berliang.

Selain upacara, peringatan Hari Pahlawan ini juga akan disertai dengan sejumlah kegiatan lainnya, seperti acara beseprah, lomba balap ketinting dan lomba masak yang pesertanya berasal dari ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

“Kegiatannya kemungkinan akan berlangsung selama seminggu. Anggaran masih dalam tahap pembahasan bersama Dinsos dan ada juga bantuan anggaran dari kecamatan,” tandasnya.

[adv]

Space Reklame