Logo Mahakamdaily.com

Meningkatkan Kapasitas Aparatur Desa Muara Badak untuk Desa yang Lebih Maju

Sekda Kukar, Sunggono saat memberikan sambutan / Istimewa

Foto : Sekda Kukar, Sunggono saat memberikan sambutan / Istimewa

Mahakam Daily – Dalam rangka mewujudkan desa yang maju dan mandiri, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Sekda Sunggono membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa (Pemdes) dan BPD Se-Kecamatan Muara Badak di Hotel Aston Samarinda, Kamis (20/6/2024).

Sunggono dalam arahannya menekankan pentingnya peran aparatur desa sebagai ujung tombak pembangunan di desa.

Banner Diskominfo Kukar 2024

“Aparatur desa harus memiliki kapasitas yang mumpuni untuk dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik,” ujar Sunggono.

Melalui pelatihan ini, para aparatur desa diharapkan dapat memahami tugas dan fungsinya dengan lebih baik, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat, serta meningkatkan kemampuan dalam mengelola keuangan desa dan membangun komunikasi serta kerjasama dengan berbagai pihak.

Salah satu fokus pelatihan ini adalah pengelolaan keuangan desa. Sunggono menegaskan bahwa dengan kemampuan pengelolaan keuangan desa yang baik, pemerintah desa dapat menetapkan APBD-Des tepat waktu, yaitu tanggal 31 Desember setiap tahunnya.

“Pengelolaan keuangan desa juga harus dilakukan secara transparan dan bertanggung jawab sehingga tidak muncul permasalahan di kemudian hari,” tegasnya.

Sunggono berharap para aparatur desa dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat.

“Gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat desa,” harapnya.

Kegiatan yang diikuti 118 peserta ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kapasitas aparatur desa dalam menjalankan tugas dan fungsinya dengan lebih baik.

Adv/Diskominfo Kukar

Mahakam Daily – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Rapat