Logo Mahakamdaily.com

Longsor Sungai Mahakam Ancam Warga Jembayan, Pemdes Usulkan Relokasi

Foto : Longsor Sungai Mahakam Ancam Warga Jembayan, Pemdes Usulkan Relokasi (ist)

Mahakam Daily – Kawasan pemukiman di tepi Sungai Mahakam, Jalan Gerbang Dayaku, Dusun Margasari, Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara, menjadi sorotan Pemerintah Desa Jembayan. Sebab, kawasan tersebut rentan longsor yang dapat merusak rumah dan mengancam jiwa warga.

Longsor terakhir terjadi pada Agustus 2023, ketika satu rumah di kawasan tersebut longsor dan terbawa arus sungai. Kejadian ini tidak jauh berbeda dengan yang terjadi pada 2019, ketika lima rumah di lokasi yang sama juga longsor dan tenggelam ke Sungai Mahakam.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

Menurut Kepala Desa Jembayan, Erwin, pihaknya telah mengirimkan surat ke Pemerintah Kabupaten Kukar dan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kaltim, yang memiliki kewenangan atas jalan berstatus nasional yang melintasi kawasan tersebut.

Ia meminta agar warga yang tinggal di jalur sepanjang 50 meter dari titik kejadian hingga perempatan, direlokasi ke tempat yang lebih aman.

“Kami tidak ingin ada korban jiwa akibat longsor. Apalagi jalan nasional Jembayan ini sering dilewati kendaraan besar yang bisa memicu longsor. Kami berharap pemerintah segera menanggapi usulan kami untuk relokasi,” ujar Erwin.

[adv]

Space Reklame