Logo Mahakamdaily.com

Kembangkan SDM dan Wisata, Desa Tanjung Batu Didorong Mandiri

Desa Tanjung Batu memiliki potensi wisata yang cukup menarik, seperti sungai, hutan, dan perkebunan. (ilustrasi)

Foto : Desa Tanjung Batu memiliki potensi wisata yang cukup menarik, seperti sungai, hutan, dan perkebunan. (ilustrasi)

Mahakam Daily – Desa Tanjung Batu, yang terletak di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara (Kukar), berhasil meraih prestasi sebagai salah satu desa mandiri di kabupaten tersebut. Prestasi ini dicapai melalui kerjasama antara Pemerintah Desa, masyarakat, dan pihak-pihak terkait dalam mengembangkan potensi desa.

Menurut Kepala Desa Tanjung Batu, Husniansyah, salah satu kunci keberhasilan desa mandiri adalah pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Pemdes Tanjung Batu telah menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan dan ketahanan pangan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat.

“Kami juga memperbaiki infrastruktur desa, seperti jalan, untuk mendukung sektor wisata yang kami miliki,” ujar Husniansyah, Jumat (13/10/2023).

Desa Tanjung Batu memiliki potensi wisata yang cukup menarik, seperti sungai, hutan, dan perkebunan. Desa ini juga menjadi lokus pengembangan kawasan cadangan pangan strategis nasional yang dikelola oleh masyarakat.

“Kami bekerja sama dengan TNI, Pemkab Kukar, dan dunia usaha untuk mengembangkan pertanian di desa kami. Kami tidak hanya menanam padi, tetapi juga jahe, cabai, dan ikan,” tambahnya.

Pengembangan desa mandiri di Tanjung Batu juga didukung oleh program Kukar Idaman, yang merupakan program unggulan Pemkab Kukar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Program ini sangat membantu kami dalam mengatasi berbagai persoalan di desa,” tutur Husniansyah.

Dengan menjadi desa mandiri, Desa Tanjung Batu berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah dan nasional.

[Adv]

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong