Logo Mahakamdaily.com

Kecamatan Sangasanga Manfaatkan Lahan Pascatambang untuk Peternakan

Lahan Pasca Tambang di Sangasanga Akan Dijadikan Kawasan Peternakan untuk IKN (Ist)

Foto : Lahan Pasca Tambang di Sangasanga Akan Dijadikan Kawasan Peternakan untuk IKN (Ist)

Mahakam Daily – Sebagai salah satu kecamatan yang memiliki keunggulan di bidang peternakan sapi, Kecamatan Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara, berencana untuk memanfaatkan lahan pascatambang menjadi kawasan peternakan yang dapat memenuhi kebutuhan daging bagi Ibu Kota Nusantara (IKN).

Camat Sangasanga, Dachriansyah, mengatakan bahwa rencana ini masih dalam tahap perencanaan, namun sudah mulai dilakukan tahap awal.

Ia mengatakan bahwa pihaknya ingin berkontribusi dalam pembangunan IKN, yang akan menjadi pusat pemerintahan dan aktivitas ekonomi baru di Kalimantan Timur.

“Kita harus siap menyambut IKN, yang pasti akan menambah permintaan akan produk pertanian dan peternakan. Di Sangasanga, kita punya potensi besar di peternakan sapi, jadi kita harus manfaatkan itu untuk menjadi daerah penghasil daging bagi IKN,” katanya, Sabtu, (28/10/2023).

Ia menambahkan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan pihak swasta untuk merealisasikan rencana ini, dengan mengikuti konsep yang sudah ada di PT Equalindo Makmur Alam Sejahtera (EMAS) di Kecamatan Tenggarong Seberang.

Kawasan peternakan ini akan ditempatkan di Kelurahan Sangasanga Muara, Sangasanga Dalam dan Kelurahan Pendingin.

“Kita harapkan rencana ini bisa terealisasi secepatnya, setidaknya sebelum 2025. Ini adalah komitmen kita untuk menjadi pemasok kebutuhan daging bagi Kaltim dan IKN,” pungkasnya.

[adv[

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong