Logo Mahakamdaily.com

Kecamatan Muara Kaman Jadi Kawasan Pertanian Terintegrasi

Foto : Kecamatan Muara Kaman Dikembangkan Sebagai Kawasan Pertanian Terintegrasi untuk IKN. (Ilustrasi/Mahakam Daily)

Mahakam DailyPemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki visi untuk menjadikan daerahnya sebagai lumbung pangan bagi Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan dibangun di Kalimantan Timur (Kaltim). Untuk mewujudkan visi tersebut, pemerintah kabupaten menetapkan sejumlah kecamatan sebagai kawasan pertanian berbasis kawasan, salah satunya adalah Kecamatan Muara Kaman.

Camat Muara Kaman, Berliang, menyatakan bahwa lima desa di kecamatannya yang menjadi kawasan pertanian berbasis kawasan adalah Panca Jaya, Bunga Jadi, Cipari Makmur, dan dua desa lainnya. Desa-desa ini memiliki lahan yang luas dan potensial untuk menanam berbagai komoditas pertanian, baik tanaman pangan maupun hortikultura.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

“Kami sedang melakukan pemetaan kawasan pertanian di lima desa ini, termasuk meninjau infrastruktur penunjang yang dibutuhkan oleh petani. Kami akan mengalokasikan anggaran dari APBD kabupaten dan Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD) untuk membangun atau memperbaiki jalan, irigasi, dan sarana pasca panen,” papar Berliang.

Berliang mengharapkan, dengan adanya peningkatan infrastruktur pertanian, hasil panen petani di Muara Kaman bisa meningkat dan berkualitas. Selain itu, ia juga ingin mendorong terciptanya sistem pertanian terintegrasi yang melibatkan seluruh elemen masyarakat, pemerintah, dan swasta.

“Muara Kaman merupakan salah satu kawasan pertanian terintegrasi yang menjadi prioritas pemerintah kabupaten. Kami berkomitmen untuk mendukung visi bupati agar Kukar bisa menjadi lumbung pangan bagi IKN dan sekitarnya,” pungkasnya.

[adv]

Space Reklame