Logo Mahakamdaily.com

Dispar Kukar Adakan Lensa Baru untuk Planetariun

Kepala Dispar Kukar Slamet Hadiraharjo (Mahakam Daily). (Ist)

Foto : Kepala Dispar Kukar Slamet Hadiraharjo (Mahakam Daily). (Ist)

Mahakam Daily – Planetarium di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan segera mendapatkan perbaikan. Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar akan mengadakan alat lensa kamera baru untuk obyek wisata edukasi tersebut.

Alat lensa kamera baru tersebut dibeli melalui distributor di Bandung, setelah melakukan studi banding ke IAIN Surakarta. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dispar Kukar Slamet Hadiraharjo, Senin (9/10/2023).

“Kami mengetahui bahwa IAIN Surakarta juga memiliki Planetarium yang bagus. Kami berdiskusi dengan mereka dan mendapatkan informasi tentang distributor alatnya di Bandung,” kata Slamet.

Slamet menjelaskan, pengadaan alat lensa kamera baru ini baru dianggarkan pada APBD Perubahan 2023. Sebelumnya, Planetarium Kukar belum mendapatkan anggaran perbaikan.

“Kami berharap dengan adanya alat baru ini, Planetarium Kukar bisa beroperasi dengan optimal dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Planetarium ini juga bisa menjadi tempat edukasi yang menarik, khususnya bagi pelajar,” ujar Slamet.

Selain itu, Slamet juga berencana untuk mengemas Planetarium Kukar dengan melibatkan para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM. Dengan demikian, Planetarium Kukar tidak hanya memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata, tetapi juga bagi sektor ekonomi.

“Kami ingin memberikan ruang bagi para pelaku ekraf dan UMKM untuk berkembang. Kami ingin mewujudkan masyarakat yang sejahtera melalui upaya-upaya yang kami lakukan,” tutup Slamet.

[Adv]

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong