Logo Mahakamdaily.com

Diskominfo Kukar Ikuti Bimtek SAKIP di Bali Berikan Dampak Perbaikan

Foto : Diskominfo Kukar menggelar bimtek SAKIP. (IST)

Mahakam Daily – Upaya menciptakan good governance sekaligus result oriented government, tercermin pada SAKIP atau Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar).

SAKIP adalah sebuah sistem yang mengadopsi pendekatan manajemen berbasis kinerja (Performance-based management) yang bertujuan untuk mencapai hasil yang berdaya guna, berhasil guna, bersih, dan bertanggung jawab. Sistem ini juga berfungsi sebagai alat pertanggungjawaban bagi instansi pemerintah.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

Dalam rangka memastikan penerapan SAKIP yang efektif, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar telah mengikuti Bimbingan Teknis SAKIP. Pejabat dan staf perwakilan dari bidang Diskominfo dan Sub Bagian Program dan Perencanaan Kominfo Kukar dikirimkan untuk mengikuti bimbingan ini.

Kepala Diskominfo Kukar, Dafip Haryanto yang diwakili Analis SDM Aparatur, Andri Afiat mengatakan bahwa SAKIP mempunyai peran strategis sebagai salah satu barometer keberhasilan atas capaian kinerja pada setiap organisasi perangkat daerah (OPD).

“SAKIP merupakan salah satu bentuk pertanggung jawaban dan alat pengendalian anggaran yang telah digunakan untuk pembangunan daerah,” kata perwakilan Kadiskominfo Andri Afiat.

“Kami berharap Bimtek SAKIP tersebut memberikan dampak pada perbaikan penilaiaan SAKIP Diskominfo Kukar pada tahun mendatang,” katanya lagi.

Nilai SAKIP Diskominfo Kukar tahun 2022, lanjut Andri, mencapai nilai 93. Semoga dengan bimtek ini, hasil yang sudah capai dapat lebih meningkat dan menjadi yang terbaik di Kabupaten Kukar.

Diharapkan kegiatan bimtek tersebut dapat memberikan pemahaman yang lebih baik lagi dalam penyusunan Renstra Diskominfo Kukar.

“Saya minta peserta dapat mengikuti acara ini dengan baik, agar dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan di masa depan,” ujarnyapnya.

Sebagai informasi, Bimtek tersebut berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 12 hingga 14 Oktober 2023 di Hotel Eden Kabupaten Badung, Bali.

Bimtek tersebut diikuti 25 ASN Diskominfo Kukar tersebut dibuka oleh Analis SDM Aparatur Diskominfo Kukar Andri Afiat dengan menghadirkan narasumber Tenaga Ahli Perencanaan Pembangunan Daerah dari KemendagRI, Nita Yiswa.

[Adv]

Space Reklame