Logo Mahakamdaily.com

Desa Purwajaya Kukar Unggul di Sektor Perikanan Hingga Ekspor ke Luar Daerah

Desa Purwajaya Kukar Unggul di Sektor Perikanan Hingga Ekspor ke Luar Daerah. (ist)

Foto : Desa Purwajaya Kukar Unggul di Sektor Perikanan Hingga Ekspor ke Luar Daerah. (ist)

Mahakam DailyDesa Purwajaya, Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara (Kukar), menonjol di sektor perikanan. Masyarakat desa tersebut membina budidaya berbagai ikan seperti nila, emas, patin, dan gurame dengan fasilitasi dari Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan).

Adi Sucipto, Kepala Desa Purwajaya, mengatakan bahwa hasil budidaya ikan mereka telah merambah pasar luar Kaltim, termasuk ke Tarakan.

“Alhamdulillah di sektor perikanan ada beberapa sudah sukses mengirimkan ikan hingga ke Tarakan,” ucapnya, Selasa (7/11/2023).

Adi menyampaikan bahwa budidaya ikan memberikan kontribusi bagi perekonomian masyarakat di Desa Purwajaya. Ia juga menegaskan bahwa para pembudidaya ikan telah memiliki surat edar usaha yang bersertifikat.

“Para pembudidaya ikan ini telah memiliki surat untuk edar usaha sudah bersertifikat,” katanya.

Desa Purwajaya memaksimalkan lokasi budidaya ikan yang bervariasi, antara lain kolam, tambak, dan sungai yang terdapat di desa tersebut.

Adi mengatakan bahwa cuaca menjadi masalah bagi pembudidaya ikan, namun hal itu tidak mematahkan motivasi masyarakat untuk terus melakukan budidaya ikan.

“Saya salut dari teman-teman pembudidaya ikan bisa melewati cuaca ekstrem,” ujarnya.

Adi berharap bahwa budidaya ikan yang kini sedang dikembangkan oleh Pokdakan mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Kukar. Ia mengharapkan agar pemerintah memberikan bantuan pakan untuk para pembudidaya ikan.

“Mudah-mudahan kita bisa usung ke Pemkab Kukar untuk pembudidaya ikan ini bisa diberikan bantuan pakan,” tandasnya.

[adv]

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong