Logo Mahakamdaily.com

Desa Bendang Raya Kukar Gencarkan Menanam Sambut IKN

Desa Bendang Raya di Kukar Tanam Sawit, Durian, dan Alpukat untuk Siapkan IKN. (Ist)

Foto : Desa Bendang Raya di Kukar Tanam Sawit, Durian, dan Alpukat untuk Siapkan IKN. (Ist)

Mahakam Daily – Desa Bendang Raya, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar) berupaya mendukung penyiapan perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Kukar. Caranya adalah dengan menanam sawit, durian, dan alpukat di lahan seluas 2.600 hektar.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Desa Bendang Raya, Muhammaddin, pada Selasa (7/11/2023). Ia mengatakan, tanaman ini sesuai dengan arahan Bupati Kukar Edi Damansyah, yang berkeinginan Kukar menjadi lumbung pangan Kalimantan Timur (Kaltim) di masa depan.

“Seperti harapan Bapak Bupati. Perkebunan di Desa Bendang Raya untuk menyangga IKN,” tegas Muhammaddin.

Ia menjelaskan, pihaknya mendapat bantuan dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar melalui Dinas Perkebunan (Disbun). Bantuan tersebut berupa bibit elai yang dapat ditanam di desa tersebut.

“Kita mendapat bantuan bibit elai dari Pemkab Kukar yang dapat kita kembangkan di Desa Bendang Raya,” paparnya.

Tak hanya itu, Muhammaddin juga mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan melalui aspirasi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kukar. Bantuan tersebut berupa peningkatan badan jalan usaha tani yang menghubungkan ke lokasi perkebunan durian dan alpukat di Desa Bendang Raya.

Peningkatan badan jalan ini juga dilakukan di beberapa ruas jalan lain, seperti RT 13, 15, dan 16. Hal ini dimaksudkan untuk pengembangan wilayah baru di desa tersebut.

“Semenisasi juga dilakukan di RT 13, 15, dan RT 16 yang ditujukan untuk pengembangan wilayah baru,” imbuhnya.

[adv]

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong