Logo Mahakamdaily.com

BRIN Beri Dukungan Khusus untuk BRIDA Kukar dalam Riset dan Inovasi

BRIN Beri Dukungan Khusus untuk BRIDA Kukar dalam Riset dan Inovasi. (Ist)

Foto : BRIN Beri Dukungan Khusus untuk BRIDA Kukar dalam Riset dan Inovasi. (Ist)

Mahakam Daily – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memberikan dukungan khusus untuk Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kutai Kartanegara (Kukar) dalam pengembangan riset dan inovasi di daerah. Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN, Dr. Yopi, saat berkunjung ke BRIDA Kukar, pada Jumat (20/10/2023).

Dukungan khusus yang dimaksud adalah bantuan dalam pemetaan ekosistem inovasi serta penyusunan rencana induk Iptek. Hal ini diharapkan dapat membantu menentukan indikator mana yang paling penting untuk kemajuan Iptek di daerah.

“Ekosistem inovasi harus melibatkan semua tingkatan, mulai dari anak sekolah hingga level yang lebih tinggi. Inovasi juga harus diintegrasikan secara menyeluruh dan disesuaikan dengan keadaan di setiap daerah,” kata Dr. Yopi.

Selain itu, Dr. Yopi juga mengingatkan agar BRIDA Kukar dapat sinkronkan kegiatan riset dan inovasi dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional-Daerah (RPJMN-D) Provinsi maupun Kabupaten. Hal ini agar riset dan inovasi di daerah sejalan dengan arah pembangunan nasional.

Dr. Yopi juga meminta BRIDA Kukar untuk menyusun dokumen jangka menengah dan panjang yang dapat mendukung dan memperkuat kebutuhan data OPD. Hal ini agar perencanaan kegiatan jangka panjang di daerah dapat lebih mudah dan akurat.

Dr. Yopi juga mengapresiasi langkah Pemkab Kukar yang telah membentuk BRIDA sebagai upaya untuk mendukung pengembangan riset dan inovasi di daerah. BRIDA Kukar sendiri telah berupaya menjalankan tugas pokok dan fungsi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

[Adv]

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong