Logo Mahakamdaily.com

Bank Sampah Kelurahan Melayu, Tingkatkan Lingkungan dan Ekonomi

Foto : Kelurahan Melayu Inovasikan Bank Sampah untuk Tingkatkan Lingkungan dan Ekonomi Berkelanjutan. (Ist)

Mahakam DailyKelurahan Melayu, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki inovasi untuk meningkatkan lingkungan dan ekonomi yang berkelanjutan dengan mengembangkan bank sampah.

Lurah Melayu, Aditya Rahkman, mengatakan bahwa sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan jika dikelola dengan baik. Namun, banyak orang masih menganggap sampah plastik sebagai barang yang tidak penting.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

Oleh karena itu, pihak kelurahan berencana untuk mendirikan bank sampah, yaitu sebuah lembaga yang berfungsi untuk menilai dan memilah sampah yang memiliki nilai ekonomi.

“Bank sampah akan memberikan kontribusi bagi warga, yaitu menjaga kebersihan lingkungan dan mendapatkan penghasilan tambahan dari hasil penjualan sampah,” ujar Aditya, Jumat (27/10/2023).

Aditya menjelaskan bahwa pusat bank sampah kelurahan akan didirikan pada tahun 2024. Pusat bank sampah ini akan dilengkapi dengan peralatan yang modern, seperti mesin pencacah sampah.

Namun, pihak kelurahan masih menghadapi beberapa kendala, salah satunya adalah masalah lokasi yang strategis untuk membangun pusat bank sampah. Saat ini, pihak kelurahan masih mencari lokasi yang ideal untuk keperluan tersebut.

Aditya juga mengatakan bahwa saat ini ada empat unit bank sampah yang dikelola oleh warga Melayu. Namun, program ini belum berjalan secara maksimal karena adanya perbedaan budaya dan kondisi di setiap RT serta tingkat kesadaran warga.

Saat ini, ada lima RT yang telah memiliki unit bank sampah, yaitu RT 47, RT 38, RT 42, RT 44, dan RT Induk.

“Kami berharap dengan mengembangkan empat unit bank sampah ini, kami dapat lebih efisien dalam pengelolaan dan penjualan sampah,” tutur Aditya.

[adv]

Space Reklame