Logo Mahakamdaily.com

Antisipasi Banjir, Kelurahan Mangkurawang Gelar Normalisasi Sungai

Kelurahan Mangkurawang Bersihkan dan Normalisasi Sungai untuk Cegah Banjir. (Mahakam Daily)

Foto : Kelurahan Mangkurawang Bersihkan dan Normalisasi Sungai untuk Cegah Banjir. (Mahakam Daily)

Mahakam Daily – Banjir menjadi salah satu masalah yang menghambat pembangunan di Kelurahan Mangkurawang, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Banjir dapat menyebabkan kerugian bagi warga, khususnya petani yang mengandalkan irigasi dari anak Sungai Mahakam yang melintasi wilayah kelurahan.

Untuk mengatasi masalah ini, Kelurahan Mangkurawang melakukan kegiatan normalisasi sungai dengan membersihkan dan melebarkan sungai. Kegiatan ini merupakan bagian dari program prioritas pembangunan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kukar 2023.

Lurah Mangkurawang, Sufiansyah, mengatakan bahwa normalisasi sungai sangat penting untuk mencegah banjir dan meningkatkan irigasi bagi lahan pertanian warga.

“Mereka sering kali menghadapi banjir. Dengan normalisasi sungai, mereka dapat bercocok tanam dengan lebih aman,” jelas Sufiansyah, Jumat (27/10/2023).

Normalisasi sungai melibatkan pembersihan aliran sungai dari sampah, rumput, dan tanah yang mengendap, serta pengerukan sungai untuk memperdalam dan melebarkan sungai. Dengan demikian, debit air sungai dapat dikontrol dan irigasi dapat lebih lancar.

Sufiansyah menambahkan bahwa normalisasi sungai juga bermanfaat bagi kelestarian lingkungan. Dengan sungai yang bersih dan lebar, ekosistem sungai dapat terjaga dan kualitas air dapat terjamin.

“Sungai yang bersih dan lebar juga dapat meningkatkan potensi wisata dan perikanan di wilayah kelurahan. Kami berharap warga dapat memanfaatkan sungai dengan baik dan bertanggung jawab,” imbuhnya.

Selain normalisasi sungai, Kelurahan Mangkurawang juga melakukan sejumlah kegiatan pembangunan lainnya, seperti perbaikan infrastruktur jalan dan pemberian bantuan perahu ces dan mesin ketinting kepada kelompok petani dan nelayan.

Sufiansyah mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Kukar. Ia juga berharap bahwa bantuan dan pembangunan ini akan terus berlanjut dan bertambah di masa mendatang.

“Kelurahan Mangkurawang sangat berterima kasih atas bantuan yang kami terima setiap tahun. Kami berharap bantuan ini akan semakin besar dan lebih banyak lagi di masa mendatang,” pungkasnya.

[adv]

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong