Logo Mahakamdaily.com

Upaya Pencegahan Banjir di Samboja, Kolaborasi Pemerintah dan Masyarakat Diperlukan

Banjir di Kelurahan Seluang, Kecamatan Samboja beberapa hari lalu / Istimewa

Foto : Banjir di Kelurahan Seluang, Kecamatan Samboja beberapa hari lalu / Istimewa

Mahakam Daily  – Banjir kembali melanda beberapa wilayah di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur. Peristiwa ini terjadi beberapa hari lalu, tepatnya pada 30 Mei 2024, dan menyebabkan genangan air setinggi 50 centimeter di beberapa titik, termasuk Kelurahan Seluang.

Camat Samboja, Damsik, menjelaskan bahwa banjir ini memang kerap terjadi di wilayahnya, terutama saat musim hujan dengan intensitas tinggi.

Banner Diskominfo Kukar 2024

“Seperti beberapa hari yang lalu, beberapa titik di Kecamatan Samboja seperti di Kelurahan Seluang sempat terendam banjir,” ujar Damsik, Selasa (4/6/2024).

Meskipun tidak berlangsung lama, banjir ini sempat mengganggu akses jalan dan aktivitas warga.

Menanggapi hal ini, Damsik menerangkan bahwa pihaknya telah berkolaborasi dengan instansi terkait, khususnya Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim), untuk melakukan normalisasi saluran drainase atau parit.

“Selain membantu para warga yang terdampak banjir, pemerintah kecamatan juga berkolaborasi dengan Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) untuk melakukan kegiatan normalisasi saluran drainase atau parit,” bebernya.

Upaya normalisasi ini, menurut Damsik, cukup signifikan dalam memperlancar aliran air hujan dan mencegah terjadinya genangan air di jalan dan permukiman warga.

“Normalisasi ini sudah dan akan terus kita lakukan. Sehingga harapan kita ke depannya banjir akibat hujan ini bisa diminimalisir atau bahkan tidak terjadi lagi,” pungkasnya.

Damsik berharap dengan langkah-langkah tersebut, permasalahan banjir di Samboja dapat diatasi secara bertahap.

Adv/Diskominfo Kukar

Mahakam Daily – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Rapat