Logo Mahakamdaily.com

Tujuan Pagelaran Apresiasi Pentas Seni Budaya Kukar 2023

Tujuan Pagelaran Apresiasi Pentas Seni Budaya Kukar 2023

Foto : Tujuan Pagelaran Apresiasi Pentas Seni Budaya Kukar 2023

Mahakam Daily – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Pagelaran Apresiasi Pentas Seni Budaya kecamatan-kecamatan se-Kukar tahun 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan, mengembangkan, dan mempromosikan seni dan budaya serta tradisi lokal di setiap kecamatan.

“Agar dapat bertahan dengan baik dalam menyongsong Ibu Kota Negara Nusantara,” kata Sub Koordinator Sejarah Lokal dan Pelestarian Budaya Daerah Disdikbud Kukar Muhammad Agus Syarifudin, Selasa (14/11/2023).

Selain tujuan umum, kegiatan ini juga mempunyai tujuan khusus. Yaitu, memberikan ruang kepada setiap kelompok seni dan budaya di setiap kecamatan, meningkatkan kepedulian masyarakat di setiap kecamatan dalam melestarikan seni budaya dan tradisi lokal setempat, memberikan kesempatan kepada masyarakat di setiap kecamatan, khususnya para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan memberikan motivasi kepada masyarakat dalam memajukan wilayah masing-masing melalui seni dan budaya.

Agus menambahkan, kelompok seni dan budaya yang terdaftar di Disdikbud Kukar mencapai 200 kelompok, yang tersebar di 20 Kecamatan. Kelompok seni dan budaya yang terdaftar akan memiliki nomor induk kesenian. Mereka adalah kelompok resmi yang bisa menampilkan seni dan budaya mereka.

“Kita ingin melihat bagaimana, sejauh mana mereka bisa menampilkan seninya, karena mereka sudah punya nomor induk itu,” ujarnya.
(Adv)

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong