Logo Mahakamdaily.com

Strategi Desa Batuah Maksimalkan PADes dan Pembangunan Desa

Foto : Pencatatan Aset Desa, Strategi Desa Batuah Maksimalkan PADes dan Pembangunan Desa. (Ist)

Mahakam Daily – Salah satu strategi yang dilakukan Pemerintah Desa Batuah di Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara, untuk memaksimalkan Pendapatan Asli Desa (PADes) dan pembangunan desa adalah dengan mencatat aset desa secara rutin dan akurat.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Desa Batuah, Abdul Rasyid, yang menyatakan bahwa pencatatan aset desa sangat penting untuk mengamankan dan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki desa. Dengan demikian, desa dapat mengeksplorasi potensi pendapatan dari aset-aset yang ada.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

“Ada banyak aset desa yang belum tercatat dengan baik, padahal bisa menjadi sumber keuangan yang signifikan untuk desa jika dikelola dengan baik. Oleh karena itu, kami melakukan perbaikan pencatatan aset sebagai strategi untuk memaksimalkan PADes,” ucap Rasyid pada Jumat (27/10/2023).

Selain itu, pencatatan aset yang baik juga akan mendukung perencanaan pembangunan desa. Misalnya, jalan usaha tani yang merupakan salah satu aset desa harus tercatat dengan baik agar pembangunan desa dapat berlanjut.

Untuk mempercepat proses pencatatan aset, Rasyid akan membentuk tim yang terdiri dari anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kepala Dusun (Kadus), dan Ketua Rukun Tetangga (RT). Tim ini akan bekerja sama dalam menyelesaikan pencatatan aset sehingga pemerintah desa dapat mengontrol dan mengelola aset dengan lebih efisien.

“Setelah semua aset tercatat dengan baik, kami akan mengintegrasikannya dalam peta desa, dan ini akan memudahkan pengawasan dan pengelolaan aset melalui situs web desa,” tutur Rasyid.

Diharapkan, dengan strategi ini, Pemerintah Desa Batuah akan mampu mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki untuk memaksimalkan PADes dan pembangunan desa.

[adv]

Space Reklame

Ikuti terbitan berita & artikel melalui Google News