Logo Mahakamdaily.com

SMPN 1 Tenggarong Raih Prestasi di Bidang Seni Tari

SMPN 1 Tenggarong Raih Prestasi di Bidang Seni Tari

Foto : SMPN 1 Tenggarong Raih Prestasi di Bidang Seni Tari

Mahakam Daily – SMP Negeri 1 Tenggarong menjadi salah satu sekolah yang aktif menampilkan tarian untuk event-event besar yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara. Sekolah ini memiliki murid-murid yang berbakat dan berprestasi di bidang seni tari.

Salah satu contohnya adalah pada acara grand final Teruna Dara kemarin, murid SMPN 1 Tenggarong menampilkan tarian Kuwak Bawak, tarian dari Dayak Kenyah yang merupakan sebuah kata dari bahasa Dayak Kenyah dimana kata ‘Kuak’ berarti Bersama dan ‘Bawak’ berarti Harapan.

Tarian ini menceritakan tentang harapan juga semangat kaum muda suku Dayak Kenyah dalam menjaga dan mempertahankan kesatuan serta kebersamaan, baik itu antar masyarakat sesama suku maupun suku lainnya dengan selalu berlindung dibawah naungan Tuhan.

Guru seni budaya SMPN 1 Tenggarong, Yunita Rakhman mengatakan bahwa sekolah ini sudah memiliki banyak tarian yang beragam dan berasal dari berbagai daerah.

“Di sekolah untuk pelatih khusus tidak ada tapi sistemnya yang melatih dari senior yang sudah paham dengan tarian itu dan pihak kami meminta untuk mengajarkan kepada adik-adik kelasnya dan itu turun temurun dari senior-senior sebelumnya sampai sekarang,” ujar Yunita.

Yunita menambahkan bahwa kegiatan seni tari sangat didukung oleh sekolah, terutama dengan adanya kurikulum merdeka yang lebih mengutamakan praktek.

“Jadi kalau honornya itu masuknya lebih ke anak-anaknya, masuk ke kas jadi anak-anak kelola untuk bikin baju atau keperluan lain untuk ekskulnya,” katanya.

SMPN 1 Tenggarong berharap dapat terus mengembangkan bakat dan minat murid-muridnya di bidang seni tari dan mengharumkan nama sekolah serta daerahnya.
(Adv)

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong