Logo Mahakamdaily.com

Sederet Prestasi Gemilang SMPN 9 Tenggarong

Foto : Kepala Sekolah SMP Negeri 9, Etik Setijawati memegang piala juara 1 pidato bahasa Kutai. (Mahakam Daily)

Mahakam Daily – Meskipun baru berdiri pada tahun 2021, SMP Negeri 9 Tenggarong sudah menorehkan prestasi yang mengagumkan di berbagai bidang. Sekolah ini berhasil meraih juara di lomba pidato bahasa Kutai, pencak silat, karate, duta baca, dan pramuka.

Sekolah ini juga aktif mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan, seperti FSL2N, OS2N, olimpiade matematika, dan lomba menulis surat untuk guru. Sekolah ini juga menjalankan muatan lokal bahasa Kutai sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan bahasa daerah.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

Kepala Sekolah SMPN 9 Tenggarong, Etik Setijawati, mengatakan bahwa sekolah ini tidak pernah menyerah menghadapi tantangan yang ada. Meskipun tidak memiliki bangunan sekolah sendiri, sekolah ini tetap bersemangat mengikuti berbagai lomba dan kejuaraan.

“Kami selalu mengupayakan untuk menggerakkan anak-anak dan selalu memberikan dukungan agar bisa mengikuti kejuaraan,” ujarnya, Rabu (25/10/2023).

Berikut adalah beberapa prestasi yang diraih oleh SMPN 9 Tenggarong:

  1. Juara 1 lomba pidato bahasa Kutai untuk tingkat kabupaten pada tahun 2022. Lomba ini diselenggarakan dalam rangka Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) yang bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan bahasa daerah.
  2. Juara 1 pencak silat putra dan juara 3 pencak silat putri di PSHT Cup yang diikuti oleh seluruh sekolah se-Kabupaten Kutai Kartanegara pada tahun 2023.
  3. Juara 2 lomba O2SN Kukar cabang karate pada tahun 2023, dengan rincian juara 2 KATA perorangan putri, juara 3 KATA perorangan putra, dan juara 2 tolak peluru putra.
  4. Masuk 10 pelajar untuk duta baca di Kukar dan masuk sebagai finalis pemilihan duta baca tingkat SMP/MTS pada bulan Oktober tahun 2023.
  5. Mendapatkan tujuh penghargaan di pramuka putra maupun putri tingkat kwartir ranting (kwaran) dan maju ke tingkat kwartir cabang (kwarcab).

SMPN 9 Tenggarong merupakan salah satu contoh sekolah baru yang berprestasi di Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Sekolah kami menunjukkan bahwa dengan semangat dan kerja keras, segala tantangan bisa diatasi dan prestasi bisa diraih,” pungkas Etik.
[adv]

Space Reklame