Logo Mahakamdaily.com

SDN 007 Tenggarong Siap Raih Predikat Sekolah Adiwiyata Nasional 2024

Foto : SDN 007 Tenggarong Siap Raih Predikat Sekolah Adiwiyata Nasional 2024

Mahakam Daily – SDN 007 Tenggarong, salah satu sekolah dasar di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, mulai melakukan persiapan untuk meraih predikat Sekolah Adiwiyata tingkat nasional pada 2024. Sekolah ini sebelumnya sudah mendapatkan predikat Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi pada 2020.

Sekolah Adiwiyata adalah program pemerintah yang bertujuan untuk mendorong sekolah-sekolah di Indonesia menjadi sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Sekolah yang mendapatkan predikat ini harus memenuhi empat kriteria, yaitu kebijakan sekolah, kurikulum, sarana dan prasarana, serta partisipasi masyarakat.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

Kepala SDN 007 Tenggarong, Suparti, mengatakan bahwa sekolahnya sudah melakukan berbagai upaya untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, nyaman, dan bersih. Salah satunya adalah dengan menanam pohon di sekitar sekolah.

“Penanaman pohon ini sudah menjadi budaya lingkungan di sekolah kami. Selain untuk penghijauan, kami juga menanam pohon yang bisa dimanfaatkan untuk bahan konsumsi, seperti bawang merah dan serai,” ujar Suparti saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (24/11/2023).

Suparti menambahkan bahwa sekolahnya juga memiliki program inovasi pembuatan pupuk kompos dari daun-daun kering yang berguguran. Pupuk kompos ini kemudian digunakan untuk menyuburkan tanaman bawang merah dan serai yang ditanam di polybag.

“Hasil tanaman ini kami konsumsi sendiri di lingkungan sekolah. Kami juga mengolah serai menjadi teh serai yang diminum oleh guru-guru. Ini masih uji coba, belum diproduksi secara massal,” tuturnya.

Untuk meraih predikat Sekolah Adiwiyata tingkat nasional, SDN 007 Tenggarong berencana untuk mengembangkan program inovasi lainnya, yaitu pembuatan kolam ikan lele dari terpal. Selain itu, sekolah ini juga akan menambah penanaman pohon buah dan merawat tanaman toga yang saat ini mengering karena cuaca panas.

“Kami ingin membuat kolam ikan lele dari terpal agar tidak berbahaya untuk anak-anak. Kami juga ingin menanam pohon buah yang bisa dipetik dan dimakan oleh anak-anak. Kami berharap dengan program-program ini, kami bisa meraih predikat Sekolah Adiwiyata tingkat nasional pada 2024,” pungkasnya.
(Adv)

Space Reklame