Logo Mahakamdaily.com

Samsun Soroti Kematian Ratusan Ikan Toman di Kukar

Mahakam Daily – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun menyoroti kematian massal ratusan ikan toman.

Ia mendorong Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat untuk segera menyelidiki penyebab dari kematian massal ratusan ikan toman tersebut.

Kondisi memprihatinkan tersebut diketahui terjadi di perairan Muara Muntai, Kutai Kertanegara.

Banner DPRD Kaltim

Samsun menyebut jika DPRD mengalami keterbatasan dalam melakukan tindakan langsung terkait kasus ini, karena urusan teknis penanganan masalah perikanan menjadi wewenang instansi terkait.

“Paling DPRD hanya mengimbau agar OPD teknis segera bertindak, dan memberikan dorongan maupun pengawasan agar kasusnya selesai,” ujarnya, Senin (13/11/2023).

Sementara itu untuk saat ini DKP sedang melakukan uji laboratorium untuk mencari tahu penyebab kematian ikan toman tersebut, Samsun menegaskan pentingnya menunggu hasil uji laboratorium tersebut sebelum mengambil langkah selanjutnya.

Hasil dari uji laboratorium akan menjadi kunci untuk menentukan apakah kematian massal ikan toman disebabkan oleh pencemaran atau faktor lainnya.

Politikus asal PDIP itu menekankan perlunya akuntabilitas dalam menangani kasus ini dan bahwa pihak yang mencemari perlu bertanggung jawab atas kerugian yang ditimbulkan.

“Kalau pencemaran siapa yang mencemari. Kalau ada pencemaran harus ada yang tanggung jawab,” tutupnya.

[adv]

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong