Logo Mahakamdaily.com

RSUD AM Parikesit Kukar Bangun 3 Gedung Baru dengan Anggaran Rp 164 Miliar

Suasana Groundbreaking pembangunan gedung baru RSUD AM Parikesit beberapa waktu lalu / Istimewa

Foto : Suasana Groundbreaking pembangunan gedung baru RSUD AM Parikesit beberapa waktu lalu / Istimewa

Mahakam Daily – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aji Muhammad Parikesit di Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, akan membangun tiga gedung baru untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Pembangunan gedung baru ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Kukar Edi Damansyah beberapa waktu lalu.

Direktur Utama RSUD AM Parikesit, dr. Martina Yulianti, mengatakan bahwa pembangunan gedung 1, 2, dan 3 tersebut menggunakan anggaran dari dana BLUD sebesar Rp 164 miliar dengan waktu pengerjaan sekitar 210 hari kerja.

Banner Diskominfo Kukar 2024

“Gedung baru ini nantinya akan menyediakan beberapa ruangan pelayanan kesehatan tambahan seperti ruang Intensive Care Unit (ICU), ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruang Hemodialisa, ruang Operasi, ruang Rehabilitasi Medis, ruang Poli Klinik Eksekutif, serta beberapa ruangan penunjang operasional lainnya,” ujar dr. Martina Yulianti, Senin (1/4/2024).

Dia menjelaskan, gedung baru ini akan dilengkapi dengan 10 ruang operasi dan 50 tempat tidur untuk perawatan intensif, termasuk ruang ICU, NICU, ICCU, dan PICU.

“Selain itu, terdapat juga 40 tempat tidur di ruang hemodialisis, 20 ruang fisioterapi, gedung UGD tiga lantai, dan beberapa poliklinik eksekutif,” ucapnya.

Lebih lanjut, dr. Martina Yulianti mengatakan bahwa rencana pembangunan tersebut telah masuk dalam rencana pembangunan (Master plan) sejak lama. Hal ini dikarenakan bangunan yang ada sekarang sudah berusia lebih dari 10 tahun dan sudah mengalami beberapa kerusakan di beberapa titik tertentu, seperti kebocoran yang sering mengganggu pelayanan.

“Nantinya bangunan lama akan digunakan menjadi paviliun,” katanya.

Pembangunan gedung baru ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan di RSUD AM Parikesit, sehingga masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan yang lebih baik dan nyaman.

Adv/Diskominfo Kukar

Mahakam Daily – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Rapat