Logo Mahakamdaily.com

Rakor Evaluasi RKPD Kukar Semester I, Perkuat Program Prioritas dan Optimalkan Anggaran

Suasana Rakor Evaluasi RKPD Kukar Semester I / Istimewa

Foto : Suasana Rakor Evaluasi RKPD Kukar Semester I / Istimewa

Mahakam Daily – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Rapat Koordinasi Pengendalian dan Evaluasi (Rakordal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024 Semester I di ruang rapat lantai I Bappeda Kukar, Senin (8/7/2024).

Rakordal ini menjadi momen penting untuk mengevaluasi capaian dan kendala pelaksanaan program pembangunan di Kukar Semester I 2024. Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ahyani Fadianur Diani yang didampingi Plt. Kepala Bappeda Syarifah Vanessa Vilna memimpin rapat ini bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan, dan kelurahan.

Banner Diskominfo Kukar 2024

Dalam sambutannya, Ahyani menyampaikan bahwa Rakordal Semester I ini menjadi titik krusial karena menjadi dasar perubahan APBD 2024 dan Perubahan-RKPD 2024.

“Oleh karena itu, seluruh informasi dan data yang disampaikan harus sesuai dengan kondisi faktual,” tegasnya.

Ahyani juga menekankan pentingnya optimalisasi anggaran terbesar dalam sejarah Kukar ini, yaitu Rp 13,4 triliun.

“Manfaatkan momentum ini untuk melakukan perbaikan, pastikan segala sumber daya, khususnya pendanaan, dapat dioptimalkan bagi kemaslahatan masyarakat Kutai Kartanegara,” pintanya.

Beberapa temuan lapangan terkait pelaksanaan program pembangunan 2024 menjadi fokus utama Rakordal ini. Di antaranya, terdapat program yang belum tepat waktu, alokasi anggaran yang belum optimal, dan program yang belum sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Plt. Kepala Bappeda Syarifah Vanessa Vilna menjelaskan bahwa Rakordal ini bertujuan untuk mengawal pencapaian target kinerja secara efektif dan efisien.

“Dengan optimalisasi alokasi anggaran, pola kerja kolaboratif, solusi permasalahan program, dan pola hubungan belanja terhadap potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD),” paparnya.

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara berkomitmen untuk memperkuat program prioritas, seperti penurunan stunting, pengentasan kemiskinan ekstrem, peningkatan SDM di wilayah terpencil, dan peningkatan kualitas layanan dasar.

Dengan Rakordal ini, diharapkan program-program pembangunan di Kukar dapat berjalan lebih efektif dan efisien, sehingga mampu memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

Adv/Diskominfo Kukar