Logo Mahakamdaily.com

Puji Dorong Dinkes Kaltim Percepat Akreditasi Rumah Sakit dan Puskesmas di Kaltim

Foto : Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur, Puji Setyowati.

Mahakam Daily – Anggota DPRD Kaltim, Puji Setyowati mendorong Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim untuk mempercepat proses akreditasi seluruh rumah sakit dan puskesmas di Kalimantan Timur.

“Pelayanan dasar itu harus punya sertifikasi, sehingga di dalam pelayanannya tidak hanya tersedia alat-alat yang cukup, tetapi juga sumber daya manusia yang mumpuni,” ujar Puji, Rabu (8/11/2023).

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

Baginya, akreditasi adalah salah satu syarat untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Banyak rumah sakit yang memiliki peralatan canggih, dan itu juga perlu dukungan tenaga kesehatan yang mumpuni.

Banner DPRD Kaltim

Ia mengatakan Komisi IV DPRD Kaltim berkomitmen untuk mengawasi dan mendukung akreditasi di pelayanan dasar seperti puskesmas.

“Puskesmas adalah fasilitas kesehatan yang terdekat dengan masyarakat, sehingga akreditasi itu penting dalam peningkatan pelayanannya. Jadi, tidak terjadi penumpukan di rumah sakit,” jelasnya.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa sumber daya manusia khususnya di bidang kesehatan di Kaltim masih belum merata.

” Meskipun secara rasio tenaga kesehatan secara keseluruhan cukup, tetapi tidak merata. Terutama di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) masih kekurangan dokter spesialis,” tandasnya.

[adv]

Space Reklame