Logo Mahakamdaily.com

Prihatin Dengan Keberadaan Guru BK, Rusman Ya’qub Dorong Terciptanya Klinik Konseling

Mahakam Daily – Anggota komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya’qub mendorong terciptanya ruang konseling di tiap satuan pendidikan, terutama kehadiran guru BK.

Menurutnya, guru BK mengalami kesulitan dalam menjangkau siswa-siswi yang berada di Kalimantan Timur. Bahkan, pembagian job desk yang harusnya bisa dibagi oleh guru-guru di sekolah belum merata.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

“Kita lihat guru-guru BK disatuan pendidikan selama ini tidak memadai khususnya di sekolah-sekolah negeri, bahkan ruang sisa atau ruangan tak terpakai dijadikan ruang konseling,” jelas Rusman, Rabu (25/10/2023).

Banner DPRD Kaltim

Selain itu, terkait guru mata pelajaran (matpel) lain juga selalu menitikberatkan masalah siswa terhadap guru BK, padahal tidak semuanya harus ditangani guru BK.

“Belum lagi persoalan persepsi guru terhadap guru BK, seolah-olah seluruh problematika siswa itu harus ditangani BK padahal itu bisa guru mapel sendiri,” tambahnya.

Melihat banyaknya varian problem yang dialami siswa, legislator fraksi PPP itu mendorong pembentukan klinik konseling yang dinaungi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim.

“Bukan hanya diisi oleh guru BK saja namun juga melibatkan konselor atau psikolog. Sehingga klinik konseling ini dapat mengatasi masalah krusial yang ada,” tutupnya.

[adv]

Space Reklame