Logo Mahakamdaily.com

PLTS Terangi Desa Tanjung Batu, Kades Harap Bisa Jangka Seluruh Titik

esa Tanjung Batu Terang dengan Lampu Jalan Tenaga Surya, Program Terang Kampungku (Ilustrasi/Mahakam Daily)

Foto : esa Tanjung Batu Terang dengan Lampu Jalan Tenaga Surya, Program Terang Kampungku (Ilustrasi/Mahakam Daily)

Mahakam DailyDesa Tanjung Batu, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, kini memiliki penerangan jalan yang lebih baik setelah mendapatkan bantuan lampu jalan tenaga surya dari program Terang Kampungku. Program ini menggunakan lampu jalan yang memanfaatkan energi matahari atau solar cell untuk menerangi jalan desa.

Program ini memerlukan anggaran sebesar Rp191 juta untuk memasang lampu jalan di sepanjang Jalan lingkungan yang mencakup empat Rukun Tetangga (RT) di desa tersebut. Jalan ini adalah jalan penting yang menghubungkan Desa Tanjung Batu dengan jalan poros di Kecamatan Tenggarong Seberang.

Sementara itu, desa ini yang merupakan lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) selama ini belum memiliki penerangan jalan yang layak, meskipun menjadi produsen listrik untuk Kukar, Samarinda, dan Balikpapan.

Kepala Desa Tanjung Batu, Husniansyah, menyampaikan bahwa program ini merupakan realisasi dari usulan yang telah diajukan sejak beberapa tahun lalu. Ia mengharapkan bahwa Desa Tanjung Batu, yang merupakan produsen listrik, mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah terkait penerangan jalan.

“Harapan kami adalah agar Desa Tanjung Batu, yang merupakan produsen daya listrik, mendapatkan perhatian pemerintah terkait penerangan jalan,” ucap Husni, Jumat (27/10/2023).

Ia juga menuturkan bahwa dari 90 titik yang diajukan, hanya sekitar 15 hingga 20 titik lampu jalan yang terpasang. Ia berharap puluhan titik lainnya yang belum dianggarkan dalam APBD Kukar 2023 akan terpasang pada tahun-tahun berikutnya.

“Kami menyadari bahwa dana anggaran yang diberikan belum mencukupi untuk menjangkau semua titik,” tutup Husni.

[adv]

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong