Logo Mahakamdaily.com

Kurikulum Merdeka, Upaya Pemerintah Tingkatkan Mutu Pendidikan Nasional

Kurikulum Merdeka, Upaya Pemerintah Tingkatkan Mutu Pendidikan Nasional

Foto : Kurikulum Merdeka, Upaya Pemerintah Tingkatkan Mutu Pendidikan Nasional

Mahakam Daily – Perubahan kurikulum dalam dunia pendidikan Indonesia tidak lepas dari tujuan pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan nasional.

Kepala Bidang Pendidikan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) Eryadi mengatakan kurikulum merupakan bagian dari program pemerintah pusat yang disusun berdasarkan kebutuhan zaman dan perkembangan ilmu pengetahuan.

Sejak era Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh hingga Nadiem Anwar Makarim, kurikulum mengalami beberapa perubahan, mulai dari Kurikulum 2013 hingga Kurikulum Merdeka.

“Itu untuk pengembangan kualitas pendidikan,” kata Eryadi, Jumat (24/11/2023).

Eryadi menjelaskan bahwa Kurikulum Merdeka yang diterbitkan oleh Menteri Nadiem bertujuan menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan menekankan aspek praktik, belajar kelompok, dan gotong royong. Kurikulum ini juga diharapkan dapat menjawab tantangan transformasi digital yang membutuhkan peserta didik yang melek teknologi informasi.

“Sekarang itu ada istilah transformasi digital. Sekarang arahnya ke sana. Jadi, anak-anak ya sekarang ya harus menguasai IT,” ucapnya.

Dirinya menambahkan bahwa saat pandemi Covid-19, pemerintah pusat juga menerbitkan Kurikulum Darurat yang mengatur pembelajaran jarak jauh. Ia berharap kurikulum-kurikulum yang diterapkan dapat meningkatkan rapor pendidikan Indonesia di mata dunia.

“Rata-rata kurikulum itu baik segala. Istilah tujuannya untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan etam dan rapor pendidikan,” tuturnya.
(Adv)

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong