Logo Mahakamdaily.com

Kukar Fokus Wujudkan Lumbung Pangan, Edi Damansyah Dorong Peningkatan Produksi dan Kesejahteraan Petani

Kunjungan Bupati Kukar, Edi Damansyah bertemu kelompok tani holtikultura Desa Sumber Sari / Istimewa

Foto : Kunjungan Bupati Kukar, Edi Damansyah bertemu kelompok tani holtikultura Desa Sumber Sari / Istimewa

Mahakam Daily – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menegaskan komitmennya untuk menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan di Kalimantan Timur. Hal ini disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu, Rabu (03/07/2024).

Dalam kunjungannya, Edi Damansyah meninjau langsung kelompok Tani Hortikultura di desa tersebut dan berdialog dengan para petani. Ia mendengarkan aspirasi dan keluh kesah mereka, serta memberikan arahan dan solusi untuk meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan mereka.

Banner Diskominfo Kukar 2024

“Pemda Kukar terus komitmen dan fokus kepada para petani agar bagaimana bisa meningkatkan kesejahteraannya,” ujar Edi Damansyah.

“Sektor pertanian merupakan sektor unggulan dan sangat strategis untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” tambahnya.

Edi menjelaskan bahwa Pemkab Kukar telah meluncurkan berbagai program untuk mendukung para petani, seperti program Kukar Idaman yang memberikan bantuan dan kemudahan bagi para petani. Selain itu, Pemkab Kukar juga terus memberikan bantuan dan fasilitasi sarana prasarana bagi para petani.

“Kami juga terus mendorong peningkatan produksi pertanian, selain itu dalam meringankan beban petani, terutama dalam proses kegiatan produksi, meningkatkan kualitas produk pertanian dan produktivitas pertanian tanaman pangan Pemda terus berikan bantuan serta fasilitasi sarana prasarana bagi para petani,” jelasnya.

Edi berpesan kepada para petani untuk menggunakan modal usaha yang ada dan tidak terjebak dengan rentenir. Ia juga meminta para petani untuk memanfaatkan teknologi dan inovasi pertanian untuk meningkatkan hasil panen.

“Semoga apa yang sudah kita lakukan mendapat berkah dan Ridho dari Allah SWT,” tuturnya.

Kunjungan kerja Bupati Kukar Edi Damansyah ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat baru bagi para petani di Kukar untuk terus meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan mereka. Dengan komitmen dan dukungan dari pemerintah daerah, Kukar diharapkan dapat mewujudkan cita-citanya sebagai lumbung pangan di Kalimantan Timur.

Adv/Diskominfo Kukar

Mahakam Daily – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Rapat