Logo Mahakamdaily.com

Kukar Dorong Cipari Makmur Jadi Salah Satu Kawasan Pertanian Terpadu, Mendukung IKN

Lumbung pangan IKN / Istimewa

Foto : Lumbung pangan IKN / Istimewa

Mahakam Daily – Desa Cipari Makmur di Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara (Kukar) fokus mengembangkan sektor pertanian sebagai salah satu dari lima kawasan pertanian terpadu di Kukar.

“Bersama desa lain seperti Sidomukti, Panca Jaya, dan Sidodadi, kami masuk dalam kawasan pertanian untuk menunjang Ibu Kota Nusantara (IKN),” kata Kepala Desa Cipari Makmur, Sodikin Sukmana, Sabtu (8/6/2024).

Banner Diskominfo Kukar 2024

Berbagai bantuan pun digelontorkan untuk pengembangan sektor ini, meliputi pembangunan infrastruktur seperti embung, jalan usaha tani, pupuk, dan bibit hewan untuk pupuk organik.

“Bantuan pupuk urea dan hewan kambing untuk pupuk organik akan segera diberikan,” jelas Sodikin.

Diharapkan dengan bantuan tersebut, produksi pertanian di Desa Cipari Makmur meningkat, mewujudkan Kukar sebagai lumbung pangan Kaltim.

“Kami harap dengan upaya ini, kesejahteraan petani dan kemandirian pangan desa bisa tercapai,” ujarnya.

Selain bantuan infrastruktur dan sarana produksi, pemberdayaan petani juga menjadi fokus utama. Hal ini dilakukan melalui pelatihan, pendampingan, dan akses permodalan.

“Petani didorong untuk berinovasi dan meningkatkan keahliannya sehingga dapat menghasilkan produk pertanian yang berkualitas dan bernilai ekonomis tinggi,” ungkapnya.

Dengan pengembangan sektor pertanian yang optimal, Desa Cipari Makmur diharapkan dapat berkontribusi dalam mewujudkan Kukar sebagai lumbung pangan IKN.

“Kami optimistis dengan semangat dan kerja keras para petani, Desa Cipari Makmur dapat menjadi lumbung pangan yang menopang IKN,” pungkasnya.

Pengembangan sektor pertanian di Desa Cipari Makmur tak hanya bertumpu pada bantuan infrastruktur dan sarana produksi. Pemberdayaan petani melalui pelatihan, pendampingan, dan akses permodalan menjadi kunci untuk meningkatkan kualitas dan nilai ekonomis hasil panen.

Dengan semangat dan kerja keras para petani, Desa Cipari Makmur diharapkan dapat menjadi lumbung pangan andalan IKN, mewujudkan kemandirian pangan desa dan kesejahteraan masyarakat.

Cipari Makmur sebagai salah satu dari lima kawasan pertanian terpadu di Kukar, diharapkan dapat berkontribusi signifikan dalam mewujudkan Kukar sebagai lumbung pangan IKN. Optimalisasi sektor pertanian ini tak hanya menunjang ketahanan pangan, tetapi juga membuka peluang ekonomi bagi masyarakat desa.

Adv/Diskominfo Kukar

Mahakam Daily – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Rapat