Logo Mahakamdaily.com

Kredit Modal Usaha Bunga Nol Persen untuk Petani, Nelayan, dan Pembudidaya Ikan dari Pemkab Kukar

Bupati Kukar, Edi Damansyah, meresminkan Kredit Kukar Idaman (Mahakam Daily). (Ist)

Foto : Bupati Kukar, Edi Damansyah, meresminkan Kredit Kukar Idaman (Mahakam Daily). (Ist)

Mahakam Daily – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menghadirkan program kredit modal usaha bunga nol persen untuk petani, nelayan, dan pembudidaya ikan di daerah tersebut.

Program ini diberi nama Kredit Kukar Idaman, yang merupakan kerjasama antara Pemkab Kukar, OJK Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), TPAKD Kabupaten Kukar, dan Bankaltimtara. Program ini diluncurkan oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah, di halaman Kantor Bupati Kukar, pada Senin (16/10/2023).

Kredit Kukar Idaman adalah program yang memberikan kredit dengan bunga nol persen, plafon maksimal Rp50 juta, dan jangka waktu maksimal 36 bulan. Program ini diperuntukkan bagi petani, nelayan, dan pembudidaya ikan, termasuk juga kelompok tani hutan melalui kegiatan perhutanan sosial. Program ini merupakan lanjutan dari program yang sama yang telah diberikan kepada UMKM pada tahun 2021.

“Jadi kredit ini menjamin semua kelompok tani dan boleh diakses untuk meminjam untuk permodalan dengan bunga nol persen, plafon Rp50 juta dan sesuai dengan analisis di lapangan oleh pihak bankaltimtara,” ungkap Edi Damansyah.

Edi Damansyah menambahkan bahwa program ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat yang selama ini kesulitan mendapatkan modal usaha dan sering terjerat dengan rentenir. Dengan adanya Kredit Kukar Idaman, masyarakat dapat mengembangkan usahanya tanpa harus mengeluarkan bunga.

Edi Damansyah juga menekankan bahwa program ini sesuai dengan potensi daerah Kukar, yang memiliki lahan pertanian, kelautan, dan perikanan yang luas dan menyumbang besar bagi produksi pangan di Provinsi Kaltim.

“Saya menyerukan agar masyarakat hentikan meminjam uang ke rentenir, manfaatkan kredit Kukar Idaman melalui bankaltimtara dengan persyaratan mudah dan bunga nol persen,” himbau Edi Damansyah.

Untuk mendapatkan Kredit Kukar Idaman, masyarakat hanya perlu menghubungi bankaltimtara atau TPAKD Kabupaten Kukar dengan membawa persyaratan yang sangat minim. Pembayaran angsuran pokok kredit dapat dilakukan dengan pola setiap panen atau setiap produksi secara periodik.

[Adv]

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong