Logo Mahakamdaily.com

Kemenkop-UKM RI Dukung Pembangunan Dua Pabrik di Kukar

Foto : Bupati Kukar Edi Damansyah Saat Mendapat Kunjungan Deputi UKM RI (Ist)

Makaham Daily – Pabrik industri tepung jahe dan pabrik rumput laut di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) rencana pembangunannya mendapat dukungan penuh dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop-UKM) RI.

Bahkan, Kemenkop-UKM RI bersiap untuk membantu pendampingan terhadap kabupaten yang juga menjadi bagian dari wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) ini. Secara langsung disampaikan oleh Deputi Bidang UKM Kemenkop-UKM, Hanung Harimba Rachman saat mengunjungi Kukar belum lama ini.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

Kedatanggan tersebut disambut langsung Bupati Kukar Edi Damansyah dan Kadiskop-UKM Tajuddin Noor, yang selama masa pengembangan dan perencanaannya. Edi meminta pendampingan dari Kemenkop-UKM RI untuk membantu Pemkab Kukar.

“Untuk pabrik rumput laut di Muara Badak, pengadaan mesinnya sendiri saat ini memasuki proses lelang, untuk itu saya meminta pendampingan dari KemenkopUKM,” kata Edi.

Sebagai informasi, pabrik industri rumput laut ini akan berlokasi di Kecamatan Muara Badak. Sedangkan pengembangan pabrik tepung Jahe dan minyak Atsiri terletak di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu. Edi berharap pembangunan tersebut dapat membantu para petani setempat. Juga meningkatkan ekonomi rakyat setempat dengan pemberdayaan yang ada.

Dan hadirnya pendampingan langsung dari Kemenkop-UKM RI ini diharap mampu memberikan dorongan akselerasi pengembangan hilirisasi produk pertanian di Kukar. Hanung sendiri merespon baik hal tersebut. Dan siap melakukan pendampingan proses pembangunan dan pengembangan kedua pabrik ini.

“Kami ingin program yang dijalankan Pemkab Kukar dapat berjalan dengan baik. Karena program kami juga sejalan dengan Kemenkop-UKM RI dalam hilirisasi merangkul seluruh pelaku UMKM di daerah,” tutupnya.

[adv]

Space Reklame