Logo Mahakamdaily.com

Kembang Janggut Bergerak Cepat Dirikan TPA Atasi Krisis Sampah

TPA Desa Hambau, Kecamatan Kembang Janggut / Istimewa

Mahakam Daily – Peningkatan volume sampah di Kecamatan Kembang Janggut, Kutai Kartanegara (Kukar) mendorong pemerintah setempat untuk bergerak cepat. Hal ini terlihat dari rencana pembangunan dua Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) baru.

Camat Kembang Janggut, Halim, menyatakan pembangunan TPA ini sebagai langkah antisipasi lonjakan sampah yang berpotensi menjadi krisis.

Banner Diskominfo Kukar 2024

“Sejak dari sekarang harus direncanakan agar bisa terealisasi. Sehingga ke depannya kita tidak kewalahan kalau sampah semakin banyak dan menumpuk tanpa bisa terkelola dengan baik,” tegas Halim.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, dua lokasi di Desa Kembang Janggut dan Desa Hambau disiapkan sebagai calon TPA. Saat ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar tengah mengkaji kelayakan kedua lokasi tersebut.

“Sementara ini ada dua lokasi yang kita rencanakan dibangun TPA. Semoga bisa segera terealisasi,” ujar Halim.

Harapan tersebut disampaikan Halim mengingat efektivitas pengelolaan sampah yang bergantung pada ketersediaan TPA. Dengan bertambahnya TPA, penanganan sampah di Kembang Janggut dinilai akan lebih optimal.

Langkah cepat Kembang Janggut dalam membangun TPA ini pun mendapat apresiasi. Pasalnya, pengelolaan sampah yang baik tidak hanya berdampak pada kebersihan lingkungan, namun juga kesehatan masyarakat.

Adv/Diskominfo Kukar

Mahakam Daily – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Rapat