Logo Mahakamdaily.com

Infrastruktur Desa Bendang Raya Tenggarong Ditingkatkan untuk Meningkatkan Jumlah Penduduk

nfrastruktur Desa Bendang Raya Tenggarong Ditingkatkan untuk Meningkatkan Jumlah Penduduk. (Ilustrasi)

Foto : nfrastruktur Desa Bendang Raya Tenggarong Ditingkatkan untuk Meningkatkan Jumlah Penduduk. (Ilustrasi)

Mahakam DailyDesa Bendang Raya yang berlokasi di Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), memiliki program untuk meningkatkan jumlah penduduknya. Program tersebut adalah dengan meningkatkan infrastruktur desa, khususnya badan jalan yang akan disemenisasi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Bendang Raya, Muhammaddin, yang mengatakan bahwa rencana tersebut sudah diusulkan ke Pemerintah Kabupaten Kukar melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan akan dilaksanakan sepanjang tahun 2023.

“Kita telah usulkan untuk peningkatan badan jalan,” ungkap Muhammaddin, Selasa (7/11/2023).

Ia mengatakan bahwa saat ini badan jalan di desanya masih berupa tanah dan belum ada semenisasi. Hal ini menghambat akses transportasi dan mobilitas warga. Dengan adanya semenisasi, ia berharap desanya akan lebih maju dan berkembang.

Selanjutnya, ia juga mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan lahan untuk diisi oleh penduduk baru yang datang dari RT 13, 14, dan 16. Pemdes Bendang Raya telah memfasilitasi pembukaan lahan tersebut dan membuatkan pondok untuk mereka.

“Pembukaan lahannya kita fasilitasi semuanya. Cuman yang pertama swadaya dulu, kita bikinkan pondok,” katanya.

Muhammaddin menambahkan, syarat untuk menjadi warga tetap Desa Bendang Raya hanya membutuhkan KTP dan KK. Ia berharap dengan adanya penambahan penduduk, desa yang awalnya hanya memiliki lima RT dan kini menjadi 10 RT setelah pemekaran dengan Desa Rapak Lambur, akan semakin ramai dan hidup.

“Saat kami bentuk dulu masalahnya banyak. Jalan masih berupa tanah dan belum ada badan jalan,” tuturnya.

Ia mengungkapkan bahwa sebelumnya ia ingin melakukan transmigrasi secara besar-besaran, namun hal itu tidak diizinkan oleh Pemkab Kukar. Pemkab Kukar hanya mengizinkan transmigrasi di wilayah lokal Kukar dan Kalimantan Timur.

“Kalau pusat mungkin akan lengkap sarana dan prasarana di sini. Tapi ini swadaya, jadi saya pelan-pelanlah dulu,” akhirnya.

[adv]

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong