Logo Mahakamdaily.com

Guru Harus Bisa Menyesuaikan Diri dengan Zaman Digital

Foto : Guru Harus Bisa Menyesuaikan Diri dengan Zaman Digital

Mahakam Daily – Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, guru dituntut untuk bisa mengikuti perubahan zaman dan menghadapi tantangan pendidikan yang serba digital.

Kepala Bidang Pendidikan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar, Ahmad Nurkhalish mengatakan guru harus bisa melakukan penyesuaian diri terutama dalam hal pola-pola pembelajaran berbasis Informasi dan Teknologi (IT).

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

“Saya mengakui bahwa masih banyak guru-guru yang berumur antara 50-60 tahun yang belum sepenuhnya mampu menggunakan IT,” ujar Nurkhalish, Jumat (24/11/2023).

Namun, dia berharap guru-guru yang masih muda bisa lebih tanggap dan menguasai modul-modul pembelajaran melalui platform Merdeka Belajar.

Platform Merdeka Belajar adalah sebuah program yang mewajibkan semua guru memiliki akun belajar dan belajar secara mandiri selain diskusi dengan yang lain.

“Semuanya online, jadi guru bisa belajar secara mandiri selain diskusi dengan yang lain,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa Disdikbud Kukar terus berkoordinasi dengan Diskominfo untuk mengatasi masalah blank spot jaringan internet di beberapa daerah.

“Saya berharap para guru bisa lebih mengembangkan kompetensinya dan membuat pola pembelajaran di sekolah lebih bervariatif dan menyenangkan,” tutupnya.
(Adv)

Space Reklame